Tamtama Teladan, Sosok Prajurit Yang Tanggap, Tanggon Dan Trengginas

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Setelah melalui proses yang cukup panjang, Komando Lintas Laut Militer menggelar sidang pemantauan akhir (pantukhir) seleksi Tamtama Teladan Kolinlamil tahun 2023 yang dipimpin oleh Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Singgih Sugiarto, Kamis (8/6). Sidang pantukhir yang berlangsung di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara tersebut menghadirkan 15 Tamtama Kolinlamil yang seluruhnya berpangkat Kopral Dua dengan berbagai macam kejuruan/korps, dan seluruhnya berdinas sebagai prajurit pengawak KRI.

Untuk menjadi Tamtama Teladan, seorang prajurit harus memiliki beberapa kriteria yang ditetapkan diantaranya adalah memiliki kepribadian dan disiplin yang tinggi terwujud dalam perilaku ketaatan beragama, budi pekerti, ketaatan terhadap peraturan yang berlaku serta melaksanakan tugas pokok yang diamanatkan dengan didasari motivasi yang tinggi, memahami dan mengamalkan Pancasila, Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 wajib TNI, Trisila TNI AL dan P5T yaitu Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Peraturan Baris-Berbaris (PBB), Peraturan Disiplin Militer (PDM), Peraturan Dinas Garnizun (PDG), Peraturan Dinas Dalam (PDD) dan Tata Upacara Militer (TUM).

Kepala Staf Kolinlamil dalam amanatnya menyampaikan, figur Tamtama Teladan hendaknya memiliki keteladanan paripurna seorang prajurit, bukan saja harus mampu menunjukkan budi luhur, disiplin yang kuat serta loyalitas dan dedikasi yang tinggi, namun harus juga didukung oleh profesionalisme dan kesamaptaan jasmani yang tangguh. Diharapkan dari prajurit yang terpilih nanti dapat memberikan dorongan bagi setiap prajurit, khususnya strata Tamtama untuk tetap berusaha menjadi prajurit yang terbaik dan dapat dijadikan contoh dalam lingkungan dinas, keluarga dan kehidupan bermasyarakat.

“Sebagai upaya perwujudan pembinaan personel di lingkungan Kolinlamil, maka Tamtama Teladan yang berhasil terpilih akan disiapkan sebagai perwakilan seleksi Tamtama Teladan ke tingkat pusat.” ucapnya.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H. dalam arahannya kepada Tim Penilai Tamtama Teladan Kolinlamil tahun 2023 menyampaikan agar proses pemilihan Tamtama Teladan Kolinlamil dilaksanakan sesuai mekanisme. Penilaian dari materi tes yang diujikan harus dilaksanakan secara fair dan transparan sehingga proses pemilihan Tamtama Teladan Kolinlamil menjadi kredibel. Tujuan akhir dari penilaian adalah dapat dipertanggungjawabkan dan dapat diterima oleh seluruh pihak.

Fram
(Dispen Kolinlamil)

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.