Dengan JKN-KIS, Bekerja Nyaman, Keluarga Aman

Spread the love

Jurnalline.com, Prabumulih (sumatra selatan) – Keluarga adalah bagian terpenting dari kehidupan setiap orang dan dapat dijaga dengan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Inilah yang dikatakan Karmanto (37), seorang pria yang berprofesi sebagai tukang kayu di Kota Nanas.

Mulai merintis usaha sejak tahun 2009, upaya demi upaya dilakukannya agar usahanya berjalan lancar. Dukungan keluarga pun menjadi sangat penting bagi keberhasilan Karmanto. Lelaki yang memiliki tiga orang buah hati ini juga berpikir bahwa keluarga merupakan hal yang penting di kehidupannya yang harus ia jaga.

“Saya tahu semua ini berkat dukungan dari keluarga. Tanpa keluarga saya tidak berarti apa-apa. Jika anak saya sakit, tentu saja saya tidak bisa bekerja dengan baik. Ketika bekerja nanti yang saya pikirkan adalah bagaimana pengobatan anak saya. Tapi, semua berubah sejak adanya Program JKN-KIS. Saya, istri dan ketuga orang anak saya sudah terdaftar menjadi JKN-KIS. Hal itu saya lakukan karena saya sayang mereka. Dengan mereka sudah terlindungi JKN-KIS, saya dapat bekerja dengan nyaman dan keluarga saya sudah aman terlindungi JKN-KIS,” ucap Karmanto sungguh-sungguh, Senin (24/04).

Karmanto mengatakan bahwa bayar iuran JKN-KIS merupakan hal penting yang ia harus dahulukan, karena menurutnya sakit tidak pernah ada yang tahu. Persiapan sebelum sakit juga tidak kalah penting, salah satunya menjaga diri dan keluarganya dengan Program JKN-KIS.

“Saya bersyukur sejauh ini belum pernah menggunakan kartu JKN-KIS. Walaupun saya rutin membayar iuran dan belum pernah digunakan. Tapi saya ikhlas, karena saya yakin iuran yang saya bayarkan itu digunakan untuk peserta JKN-KIS lain yang membutuhkan. Begitu juga nanti ketika saya atau keluarga nanti sakit, akan ada iuran dari peserta JKN-KIS lain yang membantu saya,” kata Karmanto.

Karmanto mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah menghadirkan Program JKN KIS sehingga biaya pengobatan bukan hal yang paling dikhawatirkan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan, seluruh fasilitas kesehatan yang telah bekerja keras merawat dan berusaha menyembuhkan pasien yang membutuhkan.

“Karena kartu JKN-KIS ini, kami rakyat kecil berani untuk berobat,” tutup Karmanto tersenyum.

Penulis : Yitno
Editor : Andre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.