Jokowi Resmikan Mesjid Fatahillah Balaikota

Jokowi Resmikan Mesjid Fatahillah Balaikota
Spread the love

Jurnalline.com, JAKARTA -, Presiden Republik Indonesia, IR H Joko Widodo yang biasa disebut Jokowi, meresmikan Masjid Fatahillah di kompleks Balaikota DKI Jakarta. Masjid yang sebelumnya adalah Musholla Fatahillah ini terdiri dari dua lantai, dengan luas 410 meter persegi untuk lantai 1 dan 594 meter persegi untuk lantai 2.

“Masjid Fatahillah ini dapat menampung 2000an jamaah,” papar Ahok saat mendampingi Jokowi di acara peresmian  di Balaikota, Jumat 29/01/16 siang.

Masjid Fatahillah dibangun dengan dilatar belakangi oleh adanya keinginan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) agar kompleks Balaikota memiliki masjid yang memadai serta dapat digunakan secara layak dan nyaman oleh para pegawai yang bekerja dilingkungan Balaikota.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membantah pernyataan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang menyebut pembangunan Masjid Fatahillah adalah keinginan dirinya.

Jokowi menjelaskan, bahwa sesungguhnya keberadaan masjid di area Balai Kota DKI itu merupakan cita-cita lama oleh para pendahulunya, yaitu gubernur-gubernur DKI terdahulu.

Karena itu, Jokowi menyebut, pernyataan Ahok salah, alias tidak benar.

“Pak Ahok itu keliru,” kata Jokowi meralat ucapan Ahok yang sebelumnya menyebut pembangunan masjid Fatahillah adalah keinginan dirinya ketika masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Jadi, gubernur-gubernur DKI sebelumnya ingin Balai Kota DKI punya masjid sendiri. Saya juga sama, saat itu ingin bagaimana Balai Kota punya masjid, tetapi nyatanya sampai waktu saya habis jadi gubernur tidak ketemu tempatnya di mana. Bingung mana (gedung) yang harus dirombak,” beber Jokowi.

Tidak hanya itu, Jokowi pun juga membantah pernyataan Ahok terkait pembangunan Masjid Raya Jakarta.

Menurutnya, sama dengan masjid di Balai Kota, pembangunan Masjid Raya juga bukan inisiatif dirinya, melainkan keinginan para gubernur sebelumnya.

“Jadi yang kedua tadi juga keliru,” ucap Jokowi berseloroh.

Hanya saja, kata dia, harapan dan keinginan tersebut baru terealisasi saat ini.

Pembangunan Masjid Fatahillah juga merupakan perwujudan upaya penyediaan sarana ibadah yang mampu menjadi sarana pengingat bagi para pegawai Pemprov DKI Jakarta, dalam melaksanakan amanah rakyat serta sebagai tempat pelatihan, sharing dan caring.

{Jon/Anar/Red}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *