Festival Bukit Kasih 2018, Tarian Sayang Sayang Angkat Budaya Minahasa

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara (minahasa) – Kegiatan Festival Bukit Kasih tahun 2018 yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Jumat (14/9/2018) Diawali dengan doa yang disampaikan oleh Pdt Stenly Sengkey Sth.

PJ Bupati Drs.Royke H Mewoh,DEA yang membuka langsung kegiatan Festival Bukit Kasih, menyampaikan bahwa pelaksanaan festival bukit kasih ini bertujuan untuk mempromosikan dan mengenjot kunjungan turis mancanegara maupun turis lokal di objek wisata yang ada di minahasa, diantaranya objek wisata religi bukit kasih kanonang.

“Lewat kegiatan Festival Bukit Kasih yang memasuki tahun kedua sejak tahun 2017, harapan akan membangkitkan minat tourism berkunjung melihat dari daftar kunjungan wisata dinas pariwisata kabupaten minahasa, sekitar 90ribuan kunjungan didestinasi pariwisata religi maupun agrowisata yang dimiliki,” ujar Mewoh

Lewat pagelaran tarian sayang sayang di festival bukit kasih tahun 2018, peserta yang meraih juara lewat penampilannya kreasi tarian patokaan “tari sayang sayang”ini, sejak tahun 1956 akan dipatenkan menjadi tarian minahasa hebat.

“Kedepan lewat festival bukit kasih ini akan dikemas menjadi lebih atraktiv dengan peserta yang lebih banyak,” ditambahkan bahwa kita tunggu petunjuk Gubernur OD dimana lokasi dan tempatnya kita siap menggelar tarian warisan budaya Tarian sipatokaan seperti Tarian kabasaran, tarian maengket.” Pungkas Pj Bupati Roy Mewoh

Ditempat yang sama disampaikan Kadis Pariwisata Pemkab Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi Pentas Seni budaya di Festival Bukit Kasih, dengan Lomba tarian kreasi sayang-sayang akan terus disosialisasikan kepada istansi pemerintah dan sekolah sehingga dapat dipatenkan menjadi salah satu tarian warisan minahasa.

“Dikatahui Usai pelaksanaan Festival Bukit kasih ini, di bulan oktober mendatang juga akan digelar festival Danau Tondano, dan rangkaian pemilihan wulan waraney minahasa2018 harapan akan terus memberi dampak kunjungan wisatawan meningkat.” Pungkas mantan kabag humpro pemkab minahasa.

Senada Staf Ahli Gubernur bidang Pariwisata Provinsi Sulut Dino Gobel kepada jurnalline.com yang juga menjadi juri pada lomba tarian kreasi sayang – sayang mengungkapkan lewat ajang Festival ini akan mensejahterahkan usaha masyarakat sekitar bukit kasih kanonang.

“Kegiatan semacam ini, harapan mantan wartawan senior ini, selain mendatangkan devisa daerah, juga akan memberikan dampak mensejahterahkan usaha kecil masyarakat sekitar.” Tukas Dino Gobel

Terpisah Hukum tua sumarayar Jefry mumu mengatakan diperlukan peran dan dukungan masyarakat untuk perkembangan budaya minahasa seperti tarian sipatokaan yang digelar saat ini.

“Utusan kecamatan langowan timur melalui tarian patokaan sejak tahun 1956 telah hadir di kabupaten minahasan, mensuport Festival Bukit kasih 2018, sehingga akan mengangkat kembali warisan adat seni budaya minahasa.” Kata Kumtua Jefrey mumu

Diketahui pemerintah sumarayar dalam hal ini kecamatan langowan timur mengapresiasi kegiatan yang digelar Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa.

Kegiatan ini disuport sepenuhnya oleh Bank SulutGo, The Sister Event Organize, dan penampilan artis manado bassgilano.

Turut hadir Ketua DPRD Kabupatan Minahasa dan Anggota, Jajaran SKPD, Kapolres Minahasa, Dandim 1302minahasa yang diwakili Danramil, Camat, Hkum tua, pelajar, masyarakat dan budayawan.

(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.