Ahok Tawarkan Warga Tambora Pindah Ke Rusun

Ahok Tawarkan Warga Tambora Pindah Ke Rusun
Spread the love

Jurnalline.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Krendang, Tambora dan Kedoya Utara, Jakarta Barat. RPTRA tersebut dibangun oleh salah satu perusahaan melalui Corporate Social Responsibility (CSR).

“Filosofi dibangunnya RPTRA ini adalah sebagai ruang interaksi warga, tempat bermain warga terlebih yang tinggal di permukiman padat penduduk karena keterbatasan lahan,” ujar Basuki di RPTRA Krendang, Rabu (3/2/2016).

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dalam sambutannya menawarkan warga Tambora, Jakarta Barat untuk pindah ke rumah susun (Rusun) berkelas apartemen.

“Kita akan bangun apartemen bukan rusun. Pemprov DKI membeli lahan 8.000 meter persegi di Tambora dan tahun ini dibangun apartemen setinggi 16 lantai menggunakan lift,” ujar Basuki

Basuki mengatakan, pihaknya akan menawarkan penggantian unit apartemen yang telah dibangun kepada warga yang memiliki rumah serta lahan bersertifikat.

“Kesepakatannya begini, pas terjadi kebakaran, bapak dan ibu tidak perlu lagi membangun rumah. Kami tawarkan lahan bersertifikat anda dengan unit apartemen,” katanya.

Basuki menambahkan, lahan pengganti di apartemen yang dibangun dengan milik warga diganti menjadi 1,5 kali.

“Jadi, kalau punya rumah dengan surat kepemilikan lahan seluas 30 meter, kami ganti menjadi menjadi bangunan apartemen seluas 45 meter persegi,” ucapnya.

Lahan warga Tambora yang bersedia menyerahkan lahannya ke Pemprov DKI untuk diganti menjadi unit apartemen, nantinya akan dibangun lagi ruang hijau dan rusun.

“Kita bangun lagi taman, RPTRA maupun rusun di Tambora. Ini solusi tepat untuk menyelesaikan persoalan kepadatan penduduk yang ada di Tambora,” tuturnya.

Basuki pun memastikan pengganti unit apartemen kepada warga Tambora yang memiliki lahan, dapat disewakan kepada orang lain. “Apartemen yang diberikan ini bersertifikat hak milik strata title,” pungkasnya

RPTRA Krendang berdiri di atas lahan 2.692 meter persegi yang diapit sepanjang sisi rel kereta api dan Kali Duri. Dalam peresmian tersebut turut hadir Ketua Tim PKK DKI Jakarta, Veronica Tan, dan Wali Kota Jakarta Barat, Anas Efendi, Dandim 0503 JB Letkol M Asmi.

(Zeet/Hdyt/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE