Makanan Berformalin Masih Marak Di Jakarta Barat

Makanan Berformalin Masih Marak Di Jakarta Barat
Spread the love

Jurnalline.com, JAKARTA – Adanya keluhan masyarakat terhadap sinyalemen makanan berformalin yang dapat membahayakan kesehatan tubuh, mendapatkan respon sangat positif dari Pemkot Jakbar, hal ini, langsung di tanggapi serius dengan membentuk Tim gabungan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Barat, selanjutnya mengambil langkah melakukan inspeksi mendadak (Sidak) panganan berbahaya di lima pasar tradisional.

Hasilnya, sebanyak tiga jenis sampel di Pasar Tomang Barat, Grogol Petamburan, kedapatan positif mengandung formalin, dan di duga sudah tersebar ke masyarakat sebagai pembeli pangan tersebut,

Menurut Kepala Suku Dinas Pertanian, Kelautan dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Barat, Renova Ida Siahaan mengatakan, pihaknya kembali menggelar monitoring pengawasan keamanan makanan di lima pasar, yakni Pasar Tomang Barat, Pasar Grogol, Pasar Duta Mas, Pasar Timbul Barat dan Pasar Jelambar. Sebanyak 320 sampel bahan makanan diambil dan diperiksa.

“Tiga diantaranya, yakni tahu putih, ikan jambal asin dan udang besar, positifmengandung formalin. Semuanya dari pedagang di Pasar Tomang Barat,” ujarnya, Selasa (22/3).

Sebagai sanksi, kios pedagang yang positif menjual panganan mengandung formalin langsung dipasangi sticker. Sedangkan terhadap penjual dilakukan pembinaan dan membuat pernyataan. Bila kedapatan lagi, pedagang akan dipolisikan.

Sementara itu menurut pedagang pasar yang kedapatan kena sidak, sebut saja Amran (34) yang biasa berdagang tahu di kawasan pasar Jelambar, bahwa selama ini pihaknya tidak mengetahui jika barang dagangannya itu terkena formalin,”ya, kami mendapatkan dari pabrik yang memasoknya kepada pedagang di sini, mas, ya kalau ingin aman, sidak juga donk pabrik tahu-nya, jangan hanya kami yang disidak,”gerutunya, saat lapak dagangannya di datangi team gabungan yang melakukan sidak ke pasar Jelambar.

(IDG/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.