PRESIDEN AKAN SIDAK PERIJINAN DI DKI JAKARTA

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta Untuk mengetahui secara detail mengenai perijinan di beberapa wilayah di negeri ini, maka Presiden Jokowi akan melakukan sidak di beberapa daerah diantaranya adalah di Provinsi DKI Jakarta, hal ini disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama kepada pers di balai kota, menurutnya Presiden Joko Widodo berencana memeriksa proses perizinan di Ibukota.

Rencana tersebut dilakukan untuk menaikan peringkat survei kota dengan Ease of Doing Business (EODB). Selain Jakarta, kota lainnya yang akan diperiksa proses perizinannya yakni Surabaya.

“Kami ngomongin Ease on Doing Business sama persiapan akan diinteview oleh peringkat rating dari Standart and Poor. Presiden juga nanti mau memeriksa proses perizinan dari yang ada di kota Surabaya dan Jakarta,” kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta usai mendapatkan arahan dari Jokowi di Istana Negara, Senin (9/5).

Menurutnya, Jokowi ingin melihat paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan apakah sudah memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik atau tidak di daerah, seperti sudah di ketahui masyarakat, bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah cukup lama membentuk Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP), yang bertujuan memberikan kemudahan pengurusan perizinan di berbagai bidang.

“Bapak Presiden akan melihat secara langsung,, apakah paket ekonomi yang beliau keluarkan itu di lapangan sesuai atau tidak, diterapkan atau tidak di daerah,” ucapnya.

Basuki menjelaskan, survei EODB hanya dilakukan di Jakarta dan Surabaya saja. Jika berjalan dengan baik, nantinya proses perizinan di Ibukota akan menjadi model untuk daerah lainnya.

“Yang dinilai cuma Jakarta dan Surabaya saja. Tapi beliau (Jokowi) ingin kalau ini berhasil daerah lain tinggal nyontek saja, copy saja dari Jakarta, dari Surabaya,” tandasnya.

(IDG/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.