Pulau Panggang BERDAYAKAN Konsep Pariwisata Syariah

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara tengah mengembagkan pariwisata syariah. Mengedukasi masyarakat tentang kearifan lokal sejalan dengan syariat islam dinilai salah satu kelebihan pengembangan pariwisata halal di Kepulauan Seribu.

Ketua Pokdarwis Kelurahan Pulau Panggang, Salahudin mengatakan, pihaknya berupaya memasyarakatkan pariwisata syariah dengan menjalin hubungan dengan tokoh setempat, menjelaskan pariwisata syariah tidak mematikan wisata konvensional yang ada.

“Ini semata untuk menghindari pergaulan bebas, narkotika dan minuman keras, yang tidak diinginkan di Pulau Seribu. Kami ingin adanya pariwisata justru menaikkan ekonomi masyarakat dengan niali-nilai kebaikan yang bertahan lama,’ ungkap Salahudin, kepada awak media saat meninjau Pulau Panggang,minggu (15/05/2016).

Ia menjelaskan, promosi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu juga harus seiring dengan penguatan nilai dan pemahaman masyarakat mengenai penerimaan wisatawan.

“Jadi tidak hanya promosi pariwisata ke luar, tapi juga edukasi masyarakat lokal sehingga nilai-nilai dalam wisata syariah bisa ada di semua lapisan masyarakat,” katanya.

Yang penting, kata Salahudin, semangat wisata syariah ini bukan industrialisasi. melainkan, pada perilaku masyarakat yang menonjolkan nilai-nilai baik dan manfaat jangka panjang untuk masyarakat.

“Kearifan lokal masyarakat Kepulauan Seribu harus ditonjolkan, karena wisatawan kebanyakan mencari tempat yang mempunyai keunikan dari tempat wisata lain yang mereka kunjungi,” tandasnya.

(Sriono/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.