Antisipasi Tawuran Warga Gelar Ronda Keliling di Kebon Bawang

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta Guna mengantisipasi insiden tawuran yang sering terjadi Selama Ramadan, dan tidak terulangnya peristiwa tawuran itu, maka warga dan aparatur Kelurahan Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara akan semakin menggiatkan kegiatan ronda dengan menggandeng Babinkamtibmas, Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) dan tokoh masyarakat.

Lurah Kebon Bawang Rony Jarpiko mengatakan, ronda keliling kampung kembali diintensifkan untuk mengantisipasi terjadinya tawuran antar kampung sepanjang Ramadan.

“Ini untuk antisipasi dini mencegah terjadinya tawuran, dan tidak terulangnya kembali tawuran yang pernah terjadi di kawasan ini beberapa waktu lalu, Makanya kita adakan ronda setiap hari keliling kampung selama Ramadan,” katanya kepada pers, ketika melakukan ronda keliling ke setiap sudut kampung, Senin (6/14).

Rony mengungkapkan, di awal Ramadan, ronda sudah dimulai secara bergiliran bersama unsur terkait. Hasilnya, pada Kamis (9/10) kemarin, petugas menemukan ada sejumlah remaja yang membawa senjata tajam.

“Saat itu juga remaja yang berjumlah 10 orang langsung kami bawa ke kantor kelurahan untuk diinterograsi,” tuturnya.

Ia menyebutkan, dalam kegiatan ini, petugas mewaspadai sejumlah titik yang berpotensi rawan tawuran. Di antaranya Jalan Bugis dan Jalan Swasembada, Jalan Enim dan gang-gang kecil di permukiman warga.

Sementara itu, menurut Ismet (34) salah seorang warga di pemukiman Jalan enim Kelurahan Kebon Bawang, Tanjung Priok Jakarta Utara, mengatakan bahwa kegiatan ronda malam di Bulan Ramadhan ini sangat memberikan manfaat keamanan dan kenyamanan bagi warga.

”ya, kita sangat merasakan adanya kegiatan ronda mala mini, ya, yang semula tidak ada ronda, sering ada tawuran di kawasan ini, sekarang sejak ada ronda ini, kagak ada lagi tawuran, kalau anak-anak muda pada nongkrong ntuh wajar aja, asal mereka tidak resek,” ujar Ismet (34) kepada pers, saat ikut ngronda bersama aparat keamanan dan kelurahan, acara ronda mala mini di akhiri dengan kegiatan sahur bersama lurah dengan warga di kawasan Jl. Enim.

(Billy ardi/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE