Pelatihan Pengolahan Ikan Diperlukan Warga Pulau Sebira

Spread the love

Jurnalline.com, Kep. Seribu Untuk meningkatkan produktifitas industri pengolahan ikan, yang di olah sendiri oleh Warga Pulau Sebira, Kelurahan Pulau Harapan, Kec. Kepulauan Seribu Utara, selain diperlukan adanya sarana prasarana yang memadai dan teknologi yang canggih, nampaknya juga di perlukan peningkatan kualitas pengetahuan maupun keahlian sumber daya manusianya, karena itu warga di Pulau Sebira berharap diberikan pelatihan teknis pengolahan dan pengemasan produksi ikan asin serta kerupuk ikan selar. Sebab, selama ini warga masih menggunakan cara tradisional untuk memproduksinya.

Sebut saja Sumarni, warga Pulau Sebira, RT 02/03 Kelurahan Pulau Harapan ini, mengatakan, apa bila industri ini sudah menggunakan teknologi yang lebih maju, produksi akan lebih baik hasilnya. Sehingga produktivitas warga juga semakin meningkat, tapi itu tidak cukup ,jika kami tidak di didik dan dilatih agar bisa meningkatkan produktivitas pengolahan ikan.

“Kami butuh bimbingan biar produksinya bagus dan mahal dijual. Di sini, hampir setiap rumah punya usaha ikan asin,” ujarnya, Kamis (16/6).

Sementara itu, menanggapi keluhan warga tersebut, Kepala Kantor Pengawas Lingkungan Hidup (KPLH) Kepulauan Seribu, Tiur Maida Hutapea mengatakan, produksi yang dilakukan dengan cara tradisional oleh warga juga mencemari lingkungan. Apalagi mereka tidak memiliki IPAL dan drainase yang baik, karena itu pihaknya siap untuk menggelar pelatihan bagi warga setempat yang mengolah ikan hasil tangkapa di laut.

“Harus dibantu teknologi baru cara mengolah ikan, jika dikemas dan diolah secara higienis pasti harganya akan meningkat. Lahan untuk menjemur ikan, bisa dijadikan lahan hijau dan produktif, orangnya pun juga harus dilatih, kami siap untuk melatih mereka” tandasnya.

(Sriono/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE