Selamat Jalan Bung Husni Kamil Manik Inspirator Pemilu Serentak

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Disaat Bulan Ramadhan baru 2 hari meninggalkan umat muslim,kemudian dirayakan sebagai hari  kemenangan atas segala dosa agar kembali fitrah nya, tiba tiba saja terdengar kabar duka, Inallilahiwainalilahi roji’un, seorang sahabat, dan seorang yg dikenal dgn senyum ramahnya, serta tangkas dalam memecahkan masalah pemilu di negeri ini.

Sahabat itu adalah Husni Kamil Manik Ketua KPU PUSAT, setelah berjuang melawan penyakit yg dideritanya, ia tak mampu melawan takdir, hingga ia harus  menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Pusat Pertamina, kamis,7/7 2016,sekitar pukul 21:10WIB.
Berita ini sangat mengejutkan semua  pihak, kerabat,rekan rekan dan tentunya seluruh bangsa Indonesia,pasalnya selama ini,sosok Husni Kamil Manik dikenal sehat sehat saja, namun Takdir berkata lain, begitu cepat beliau pergi, “jujur,saya sangat tidak menyangka kepergiannya begitu cepat meninggalkan kami, almarhum bukan hanya sosok ketua KPU, tapi beliau juga  inspirator bagi perubahan sistem pemilu di negeri ini,” tutur Juri Ardiantoro Komisioner KPU Pusat, kepada pers , usai menyampaikan sambutan mewakili KPU.
Menurutnya, beliau adalah sosok inspiratif, sambungnya, soal konsepsi pelaksanaan pemilu kepala daerah serentak, almarhum Husni Kamil Manik yg menginspirasikan konsep itu hingga dapat berjalan dgn baik.
Hal tersebut juga diamini oleh D. Roy Wijaya Direktur Eksekutif KJPP, saat dihubungi, dia mengungkapkan bahwa sosok HKM (Husni Kamil Manik )adalah seseorang yg sangat inspiratif, aspiratif dan pemimpin yang sering melontarkan ide -ide segar, khusus nya di kalangan jurnalis.
“Saya sangat terkejut dgn kepergiannya, perjumpaan terakhir dengan almarhum saat diskusi di pertengahan bulan Ramadhan, Bang Husni bukan hanya sebagai Ketua KPU pusat, tapi beliau juga adalah teman diskusi yg jenius  bagi rekan rekan jurnalis,” tutur Roy.
Dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, jenasah almarhum  disemayamkan di rumah duka jalan siaga raya no.23 A Pejaten Barat Pasar Minggu.
Dari deretan para pelayat nampak Susilo Bambang Yudhoyono, saat ditemui awak media, Presiden RI keenam yang juga Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). SBY tampak didampingi kedua putranya yakni Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono. SBY menilai sosok almarhum Ketua KPU Husni Kamil Manik sebagai sosok yang arif bijaksana.
“Bukan hanya baik, sangat baik,” kata SBY di rumah duka, Jalan Siaga, Pejaten, Jakarta, Jumat (8/7/2016).
Padahal, kata dia, pekerjaan yang ditangani Husni adalah mengenai Pemilu terkait perebutan kekuasaan.
“Selalu tegas, tidak berpihak, dan pandai memelihara jarak degan semua partai dan pihak manapun,almarhum juga yg menginisiasi dan menginspirasikan penyelenggaraan pemilukada serentak ” kata bekas Menkopolhukam itu.
Selain itu, tampak hadir juga Ketua DKPP Jimly Ashiddiqie, Ketua Bawaslu Muhammad, mantan Ketua MK Mahfud MD, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Menteri Agama, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti serta mantan Menko Perekonomian Hatta Rajasa.
Setelah prosesi penghormatan terakhir, jenazah dibawa menuju Masjid Polri Pejaten untuk disalatkan pada pukul 13.00 WIB jenazah diberangkatkan ke TPU Jeruk Purut. Selamat Jalan Bung Husni Kamil Manik, inspirator penyelenggaraan  pemilukada serentak, mungkin kalimat itulah yang pantas di persembahkan bagi almarhum Husni Malik Kamil yang meninggalkan seorang istri dan 3 orang anak dan juga yang meninggalkan jasa maupun  prestasi sangat fenomenal yakni  mendorong demokratisasi di negeri ini agar terus berkembang dinamis,modern, jujur dan adil.
(IDG/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.