Untuk Pertama Kalinya OKI Adakan Kontes Kerbau Pampangan

Spread the love

Jurnalline.com, OKI (Sumsel) – Dalam rangka bulan Bhakti Peternakan tahun 2016 Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Propinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengadakan kontes kerbau dalam upaya pelestarian kerbau Pampangan yang diselenggarakan di Desa Pampangan, Kecamatan Pampangan, Rabu (28/9).

Salah satu peserta kontesnya seekor kerbau dengan berat 750 Kg berjenis kelamin jantan yang menunjukkan atraksi menarik gerobak dan memasang sendiri penariknya tanpa bantuan si pengembala.

Tak tanggung tanggung, kerbau yang paling berat dalam kontes kerbau pampangan OKI ini mendapat juara 1 untuk kategori jantan pekerja. Selain itu, ada juga kategori betina dan penarik yang semuanya berasal dari desa Kecamatan Pampangan.

“Kerbau Pampangan kita ini merupakan salah satu dari tujuh rumpun kerbau lokal Indonesia,”ujar Bupati OKI H. Iskandar SE melalui Wakil Bupati OKI H. M. Rifa’I, SE

Kepala Dinas Peternakan OKI, Aris Panani SP mengatakan banyak indikator yang dinilai dalam kontes kali ini, selain kesehatan dan keaslian rumpun juga dinilai.

“Kerbau pampangan termasuk salah satu rumpun lokal asli dari 8 kerbau lokal di Indonesia,”kata aris.

Aris menambahkan selain bobotnya atraksi lain juga ditampilkan oleh hewan yang terkenal dengan sebutan birahi silent ini dan hasil olahan kerbau juga disajikan pada acara ini serta memamerkan stand hasil pengolahan kerbau.

“hasil pengolahan dari budidaya kerbau ini ialah seperti gulopuan (permentasi susu kerbau), biogas yang berasal dari kotoran kerbau, serta dodol puan yang terbuat dari susu kerbau.  Kontes ini merupakan upaya pemerintah kabupaten OKI untuk terus melestarikan kerbau Pampangan,”ungkapnya.

(Novi/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.