Buruh PTPN Cintamanis Adu Nasib Ke DPR RI

Spread the love

Jurnalline.com, Inderalaya (Sumsel) – Puluhan buruh PTPN 7 Cintamanis Ogan Ilir Sumatera Selatan mengadukan nasib mereka ke DPR RI komisi IX, Irma Suryani.

Pertemuan tersebut digelar di rumah pribadi anggota DPRD Kabupaten Ogan Ilir komisi IV, Aprizal, yang juga dihadiri oleh anggota lainnya seperti Suharmawinata.

Dalam kesempatan itu, ketua perserikatan buruh PTPN Cintamanis, Andi, menyampaikan jika selama ini hak mereka sebagai buruh pabrik gula itu tidak sepenuhnya mereka terima. Diantaranya berkaitan dengan union basting, kesehatan yakni Kartu BPJS yang tidak bisa dimanfaatkan ketika digunakan.

Padahal dijelaskan Andi,  setiap bulannya gaji mereka telah dipotong 1% dari gaji yang diterima untuk membayar iuran bulananan kartu BPJS tersebut. Selain itu, ada diantara buruh yang ada yang dirumahkan tanpa kejelasan dari pihak manajemen PTPN Cintamanis, kemudian besaran THR yang dinilai tidak sesuai jumlahnya. Hal senada juga diungkapkan dari kalangan Karang Taruna setempat, menurutnya CSR juga belum bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar perusahaan.

Menanggapi hal itu, anggota DPR RI Komisi IX, Irma Suryani didampingi Aprizal dan Suharmawinata dan lainnya mengatakan, akan segera menindaklanjuti permasalahan tersebut dan akan memfasilitasinya. Kemudian akan melakukan sidak ke pihak perusahaan karena dianggap telah melanggar undang-undang ketenagakerjaan.

Dilanjutkan Irma Suryani, Jika memang terbukti maka akan tindaktegas serta akan melaporkan langsung ke menteri Tenaga Kerja RI.

Untuk itu, para buruh diharapkan mampu memberikan data yang otentik dan menjalin komunikasi yang baik agar penyelesaian kasusnya cepat terlaksana.

(Adi/Fitry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.