Pengukuhan Indonesia Sebagai Mitra Potensial

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Pencapaian yang sangat mencengangkan transaksi yang tercatat selama tiga hari penyelenggaraan pameran ekspor terbesar Trade Expo Indonesia (TEI) 2016 terus mengalami peningkatan dan masih banyak peluang transaksi yang akan terjadi hingga hari terakhir dan juga pasca pameran. Pada hari pertama transaksi kurang lebih sebanyak US$ 178 juta dan pada hari ketiga ini sudah lebih dari US$ 280 juta.

Hari pertama transaksi kurang lebih sebanyak US$ 178 juta, (hari ketiga) ini sudah lebih dari US$ 280 juta,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Arlinda saat ditemui disela-sela TEI 2016, di Jakarta, Jumat.

Beberapa komoditas yang diminati oleh para pembeli potensial yang hadir pada pameran tersebut antara lain adalah essential oil, batu bara, kopi, teh, makanan olahan, furnitur, produk farmasi, dan juga jasa tenaga kerja.

Arlinda memaparkan bahwa, permintaan untuk jasa tenaga kerja melalui Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), dimana beberapa negara seperti Australia, Jepang dan juga Timur Tengah berminat atas jasa tenaga kerja Indonesia. “Tenaga kerja dari BNP2TKI dilaporkan ada sekitar US$ 10 juta, tapi pagi tadi tambah sekitar US$ 1,4 juta. Angka itu hanya untuk jasa saja, belum termasuk dari investasi melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM),” tutur Arlinda.

Transaksi yang ada dalam TEI 2016 terbagi dari program buying mission atau misi pembelian dan juga transaksi langsung. Program misi pembelian terus dilakukan Kementerian Perdagangan sebagai upaya peningkatan ekspor nasional.

Dalam misi pembelian merupakan salah satu skema kegiatan promosi yang disediakan Kemendag untuk membantu dunia usaha dengan mendatangkan pembeli ke Indonesia agar dapat melakukan kesepakatan dan atau transaksi dalam rangka ekspor. Tercatat, total transaksi yang dihasilkan hingga hari kedua TEI 2016 khususnya dari program misi pembelian mencapai US$ 186,69 juta.

Tak pelakTrade Expo Indonesia merupakan salah saatu upaya pemerintah untuk meningkatkan ekspor Indonesia dengan mengundang para pembeli potensial dari negara-negara tujuan ekspor utama maupun negara-negara yang menjadi tujuan baru atau memiliki potensi ekspor besar. Pada tahun 2016, Tei mengusung tema “Indonesia: Source of Natural and Creative Products” yang menampilkan berbagai produk unggulan hasil kreativitas dan inovasi desain, dan diharapkan mampu membuka negara tujuan ekspor baru.

(Putri Yani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.