Penutupan Trade Expo Indonesia ke-31

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Pada hari ini,Minggu (16/10/2016),Penutupan pameran perdagangan  yang berskala Internasional di JIExpo kemayoran, jakarta. Menteri perdagangan Enggartiasto Lukita sangat bangga dengan hasil yang memuaskan  yaitu mencapai USD 974,76 juta atau dengan nilai transaksi naik 7,2% dari perolehan tahun 2015 pada TEI ke-30.

“Kami bersyukur dan berbangga hati dengan  naiknya transaksi sebesar 7,2%. Antusiasme para buyer juga menggembirakan. Pencapaian ini menumbuhkan optimisme pada peningkatan kinerja ekspor nasional tahun ini,” ujar Mendag Enggar saat penutupan TEI di Kemayoran Jakarta.

Pada penutupan ini tercatat ada 15.567 pengunjung dari 125 negara,TEI tahun ini sesuai rencana awal yakni diverifikasi pasar dan produk sejak di buka Rabu (12/10) dan berakhir hari ini,Minggu (16/10).”Inilah fakta yang membuat kita cukup optimis bahwa diverifikasi terjadi tidak saja dalam hal pasar atau negara asal buyer tetapi juga dalam hal peserta pameran,yang tentunya dapat memperkuat kapasitas ekspor nasional di masa depan,”tegas Enggar.

Pencapaian diverifikasi produk terlihat dalam 5 produk yang diminati yaitu mebel, elektronik, peralatan listrik dan makanan olahan, rempah-rempah, serta minyak atsiri. Selain itu, antusiasme buyer terlihat pada produk specialty coffe (kopi premium) dan kayu ringan mendapat respon luar biasa. Produk yang paling menggoda pasar Eropa belum banyak diekspos ke pasar internasional. Banyak buyer yang datang dari negara nontradisional seperti Afrika,Timur Tengah, Asia Tengah dan para eksportir Indonesia juga beragam mulai dari UKM, perusahaan swasta, BUMN, dan perusahaan yang dikoordinasi pemerintah daerah.

(Putri Yani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.