Vaksinasi Tetanus Pasukan Oranye PEKOJAN

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Aparatur tiga pilar bersama Suku Dinas kesehatan dan stakeholder terkait, menggelar kegiatan vaksinasi gratis terhadap petugas penanganan sarana dan prasarana umum atau PPSU di Puskesmas Pekojan, Tambora, Jakarta Barat (19/10).

Tri Prasetyo Utomo Lurah Pekojan mengatakan, kegiatan ini merupakan tindaklanjut program Pemprov DKI Jakarta, dimana pemberian vaksinasi tetanus kepada 40 pasukan oranye ini dilakukan guna menciptakan petugas ppsu yang sehat dan memiliki imun kekebalan tubuh yang prima, mengingat mereka sangat rentan terkena bakteri tetanus yang terinfeksi dari paku dan besi yang berkarat.

Tri juga menambahkan vaksinasi  ini diberikan secara gratis, dimana biayanya telah dianggarkan oleh pemerintah melalui BPJS ketenagakerjaan.

Tentu saja vaksinasi ini sangat diperlukan dimana mencegah lebih baik daripada mengobati, tutup tri.

Sementara itu menurut dokter clement, vaksin tetanus  yang digunakan adalah tetanus toksolid, dimana jika serum ini disuntikkan ke tubuh manusia yang sehat akan menghasilkan sistem  antibodi tubuh yang kebal dari infeksi bakteri tetanus.

Untuk dosis pemakaian serumnya adalah 0,5 cc, yang disuntikkan melalui otot di bagian tangan dan tentu saja vaksin ini tergolong aman,meski ada efek samping setelah disuntikkan seperti nyeri dan demam, tutup dokter Clement.

Selain penyuntikkan vaksin tetanus petugas PPSU juga diberikan edukasi tentang jenis obat dan penggunaannya oleh tim dokter.

(Zeet/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.