Warga Muara Megang Kembali Tuntut Plasma di Luar HGU Keberadaan PT Lonsum Diduga Hanya Menyesengsarakan Rakyat

Spread the love

Jurnalline.com, Musi Rawas (Sumsel) – Puluhan Masyarakat Desa Muara Megang Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas Sumatera Selatan kembali melakukan aksi pemortalan akses jalan PT. Lonsum di Desa Muara Megang, Kamis (20/10)

Warga menilai keberadaan PT. Lonsum hanya menyengsarakan Rakyat bahkan hingga saat ini Perusahan Lonsum yang beroperasi di tanah wilayah mereka sekitar kebun sama sekali tidak pernah memperdayakan masyarakat di wilayah Desa Muara Megang Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas.

Selain itu sejak tahun 1996, pihak perusahaan yang mendirikan perkebunan di wilayah itu tanpa adanya negosiasi terhadap warga bahkan hingga saat ini belum pernah adanya memberikan perkebunan plasma bagi Masyarakat Desa Muara Megang sejak perusahaan berdiri .

portal-lonsum-3“Kami akan tetap konsisten dengan apa yang kami lakukan, karena kami menuntut hak ­hak kami masyarakat di desa muara megang yang harus dipenuhi oleh pihak PT. Lonsum, bahkan jika sesuai aturan undang­ undang (uu) nomor 18 tahun 2004 memberikan plasma adalah kewajiban setiap perusahaan di perkebunan”.

Selain itu PT. Lonsum yang berada di Desa Muara Megang tersebut hanya ada izin lokasi tajun 1994 dan hgu nomor 12 tahun 2004 seluas 2570 hektar atas nama PT. DRUP (Dwi Reksa Usaha Perkasa)  bukan Lonsum, dan jika hal tersebut tidak ada maka kembalikan lahan tersebut kepada Masyarakat.

Berdasarkan pantauan puluhan Masyarakat yang hingga saat ini masih melakukan pemortalan akses jalan PT. Lonsum di Desa Muara Megang terus bertahan menuntut Plasma PT. Lonsum.

Mereka yang merasa bosan tidak adanya respon perhatian dari pemerintah setempat yang kerap mengesampingkan kebutuhan masyarakat dan cenderung memihak kepentingan perusahaan  tanpa izin apalagi memberdayakan Masyarakat di Desa Muara Megang Kabupaten Musi Rawas Sumatera Selatan yang tentunya mereka menilai adanya dugaan konpirasi jahat pihak pihak tertentu yang bermain serta korbannya adalah masyarakat. “tegas Sunardi, Ketua KUD Masyarakat Muara Megang Makmur Mandiri.

(Ed)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.