Kawanan Kerbau Liar Meresahkan Pengguna Jalinsum Muratara

Spread the love

Jurnaline.com, Musi Rawas Utara (Sumsel) – Minimnya kesadaran pemilik binatang ternak jenis kerbau untuk mengkandangkan hewan ternak seperti kerbau membuat kawanan hewan kerbau di Jalinsum Muara Rupit Kabupaten Muratara Sumatera Selatan setiap harinya terus berkeliaran seperti di sepanjang jalan Lintas Sumatera Muara Rupit dan Karang Jaya Kabupaten Muratara Sumatera Selatan.

kerbau-jalinsumKawanan hewan ternak, seperti kerbau hingga saat ini masih sering berkeliaran bebas yang berimbas sangat membahayakan pengguna jalan terlebih di musim penghujan saat ini tak jarang berkeliarannya hewan ternak tersebut sering menyebabkan kecelakaan pengguna jalan baik pengendara sepeda motor dan kendaraan roda empat.

Marwan (39), salah seorang pengguna kendaraan roda empat yang setiap harinya melintasi wilayah di Kecamatan Karang Jaya, dan Kecamatan Muara Rupit  mengaku sering was-was saat melalui jalan dengan kecepatan tinggi. sebab, dirinya yang sempat beberapa kali berhadapan dengan hewan ternak maupun hewan liar yang melintas, sering nyaris mengalami kecelakaan akibat berusaha mengelak kawanan hewan kerbau liar tersebut.

“saya juga heran kenapa pemilik hewan ternak seperti kerbau tersebut dibiarkan liar mencari makan di sepanjang jalinsum muratara yang kerap membahayakan pengemudi”keluhnya.

Dirinya pun berharap agar instansi terkait agar dapat membuat seperti peraturan daerah yang mengatur tentang lokasi yang dilarang untuk membiarkan hewan berkeliaran bebas.

Terkait Masih maraknya hewan ternak jenis Kerbau berkeliaran di tempat umum seperti jalan lintas Sumatera (jalinsum) dan perumahan warga, dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Muratara Ir liyas mengatakan jika pihaknya sudah melakukan pemanggilan kepada para pemilik ternak Kerbau agar tidak lagi meliarkan hewan ternaknya di tempat pemukiman maupun jalinsum.

“Kita sebelumnya telah memanggil para pemilik ternak kerbau ini, agar tidak lagi meliarkan hewan ternaknya di tempat pemunkiman maupun jalinsum. Jika nanti masih tetap terlihat hewan Kerbau berkeliaran ditempat umum, pihaknya akan kembali melakukan pemanggilan terhadap para pemilik hewan ternak Kerbau supaya dapat menertibkan Kerbau miliknya,” terangnya.

(Edo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.