Peran Lintas Sektor Penentu Puskesmas Akreditasi

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung (Sumsel) – Sebagai salah satu fasilitas pelayanan publik puskesmas dituntut untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas pada semua masyarakat, Pelayanan kesehatan yang dibutuhkan saat ini tidak hanya menunjang kemudahan akses namun juga harus mendukung peningkatan mutu dalam pelayanan serta dapat menjamin keselamatan pasien,Pelayanan yang bermutu dan berkualitas dapat diwujudkan apabila ada standar yang jelas sebagai pedoman dalam pelaksanaan dan pengawasannya.

Dalam mewujudkan hal itu, maka Puskesmas harus terakreditasi dengan baik dan perlu diselenggarakan berbagai upaya kesehatan secara menyeluruh, berjenjang dan terpadu salah satunya dengan menguatkan peran Puskesmas dalam penyelenggara upaya kesehatan dasar,agar Puskesmas dapat menjalankan fungsinya secara optimal maka perlu dikelola dengan baik seperti kinerja pelayanan, proses pelayanan maupun sumber daya manusia yang digunakan.

Namun agar dapat berjalan dengan baik dan lancar tentunya sangat diperlukan dukungan dan peran aktif semua pihak sehingga dalam upaya mewujudkan dan mensukseskan peningkatan Akreditasi, Puskesmas Celikah didukung dinas kesehatan OKI mengadakan Pertemuan guna menggalang komitmen bersama lintas sektor.

Acara penggalangan komitmen bersama lintas sektor tersebut dilaksanakan di Puskesmas Celikah,Selasa (29/11/2016) dan dihadiri langsung oleh kepala dinas kesehatan OKI diwakili Iwan Setiawan selaku sekretaris dinas kesehatan OKI serta dihadiri pula oleh Camat Kota Kayuagung, Dedy Kurniawan S.STP, Kepala puskesmas celikah Susmiyati,SKM,MKes, Para Kades, dan Jajaran Puskesmas Celikah.

Acara diawali dengan paparan atau sambutan Kepala Puskesmas Celikah Susmiyati SKM,MKes. dalam paparannya Ia menyampaikan visi dan misi puskesmas celikah dengan tema terciptanya masyarakat dalam wilayah kerja puskesmas celikah bersih, sehat secara menyeluruh dan terpadu bertumpu pada pelayanan prima dan pemberdayaan masyarakat.

Sekretaris Dinkes OKI Iwan Setiawan mengatakan,Bila kita bicara akreditasi puskesmas maka tidak terlepas dari peran lintas sektor di Kecamatan Kota Kayuagung dan peran serta masyarakat disetiap desa dalam wilayah puskesmas celikah, karena akreditasi adalah mutu pelayanan pada masyarakat. Maka dari itu peran masyarakat dan lintas sektor sangat penting untuk mensukseskan akreditasi puskesmas celikah.

“Akreditasi ini harus di dukung seluruh staff yang ada di puskesmas celikah, harus di dukung oleh kepala pemerintahan di kecamatan kayuagung dan harus mendapat dukungan dari kepala desa atau lurah yang ada diwilayah puskesmas celikah serta sangat penting juga dukungan dari masyarakat diwilayah kerja puskesmas celikah.”tegasnya.

Sementara,Camat Kota Kayuagung Dedy Kurniawan S.STP mengatakan, Kami dari pemerintah kecamatan mewakili  para kepala desa/lurah dan khususnya masyarakat mengucapkan terima kasih kepada kepala puskesmas celikah dan jajaran yang tidak henti-hentinya memberikan perhatian, memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat yang ada diwilayah kerja puskesmas celikah. Kami tentu akan membantu dan mendorong puskesmas celikah dalam menuju akreditasi atau mendapatkan sertifikasi.

“Pemerintah kecamatan dan para kades/lurah harus ikut berpartisipasi, kita harus menyampaikan kepada masyarakat, bahwa akreditasi ini adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi puskesmas, jadi kita harus mengawasi puskesmas demi tercapainya tujuan akreditasi dan untuk mencapai akreditasi ini kita harus benar-benar mempunyai niat yang tulus demi terciptanya revolusi mental.”tukasnya.

Kemudian sebagai penutup kegiatan ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama lintas sektor.

(Novi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.