Peningkatan Kapasitas Aparatur Kecamatan dan Kelurahan

Spread the love

Jurnalline.com, KOTA TANGERANG – Fungsi utama pemerintah adalah melayani masyarakat, maka pemerintah perlu terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan. Di mana salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, pemerintah harus terus membudayakan dan meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal.

Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Tangerang, H. Sachrudin, saat membuka dan memberikan arahan dalam kegiatan Peningkatan Kapasitas Aparatur Kecamatan dan Kelurahan, yang digelar bagian Pemerintahan, Sekretariat Daerah Kota Tangerang, di Kampus IPDN Jatinangor, Jawa Barat, Kamis(15/12).
Setiap aparatur pemerintahan dalam menjalankan tugasnya, lanjut wakil, harus selalu dilandasi dengan tanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya, agar dapat menciptakan kualitas kinerja serta layanan yang optimal dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat pada umumnya.
Apalagi saat ini, masyarakat sudah semakin kritis dalam menyampaikan berbagai aspirasi tak terkecuali soal pelayanan yang diperolehnya, baik saat di kelurahan maupun di kecamatan. Respon cepat harus dapat diberikan kepada masyarakat.
Oleh karena itu, dirinya mengingatkan para camat dan lurah agar selalu rajin mengecek serta mengevaluasi kinerja setiap pelayanan yang diberikan para pegawainya kepada masyarakat, sehingga diharapkan dapat memberikan pelayanan yang optimal. “Pantau secara rutin setiap pelayanannya agar tahu mana yang sudah maksimal dan harus ditingkatkan lagi,” pesannya.
Menurutnya, berbagai kemudahan pelayanan yang juga telah didukung oleh sarana dan prasarana yang ada di kelurahan dan kecamatan, harus dapat digunakan sebaik mungkin untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Seperti halnya melalui Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), yang hadir guna memberikan kemudahan akses bagi masyarakat.
Kemudian, Sekretaris Kota Tangerang, Dadi Budaeri, menambahkan, peningkatan kapasitas aparatur tak lain sebagai upaya agar semakin terbangunnya pemahaman terhadap kerjasama tim. Termasuk komunikasi dan koordinasi didalamnya. Dengan semakin padunya kerjasama dan didukung dengan suasana kerja yang nyaman, diharapkan akan turut terbangun inovasi dari para pegawai.
Oleh karena itu, dirinya mengajak para camat, lurah di lingkup Pemerintah Kota ( Pemkot) Tangerang, untuk senantiasa membangun komunikasi dan koordinasi dengan baik. Dengan demikian, diharapkan dapat terbangun suasana kerja yang nyaman bagi para pegawainya.
“Selain pemahaman terhadap kualitas diri meningkat, saya harap kekompakan dan kerjasama pun kian solid, sehingga capaian kerja dan pelayanan pun akan semakin baik,” tutur Sekda.

Wali Kota Tangerang, H. Arief R. Wismansyah yang turut hadir dan memberikan sambutan ketika membuka kegiatan outbond juga berpesan kepada seluruh Camat dan Lurah untuk dapat menjaga semangat persatuan dan kesatuan terutama dalam memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat kota Tangerang.

“Kita harus terus memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat kota Tangerang,tidak hanya dalam hal administrasi tapi juga dalam hal yang membutuhkan tindakan langsung di lapangan” ujar Arief ketika membuka kegiatan outbond di stadion Kampus IPDN,Jumat(16/12)
Dalam kegiatan tersebut, Wali Kota didampingi Wakil dan Sekda Kota Tangerang menyempatkan diri dan memimpin  acara makan malam bersama 6 (enam) ribu praja IPDN di Menza Nusantara, Kampus IPDN, Jatinangor.
(DN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.