Dinas Tanaman, Ketahanan pangan dan Holtikultura OKI Apresiasi

Spread the love

Jurnalline.com, KAYUAGUNG OKI (Sumsel) – PT. OKI Pulp & Paper Mills yang berada di Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan kembali memberikan bantuan kepada masyarakat di sekitar perusahaan. Kali ini, perusahaan pabrik kertas terbesar di Asia itu memberikan bantuan mesin pemipil atau perontok jagung sebanyak 1 unit yang diberikan ke koperasi Sri Lestari Desa Bukit Batu kecamatan Air Sugihan.

Direktur PT OKI Pulp and Paper Mils, Gadang H Hartawan mengatakan, Mesin Pemipil yang dibagikan merupakan hasil rekayasa, rancang bangun dan modifikasi desain, model serta prototipe alat dan mesin pertanian terbaru.

Menurut Gadang, bantuan ini diberikan dalam upaya peningkatan kesejahteraan petani yang ada di Kabupaten OKI, dan diharapkan Mesin Pimipil ini dapat menurunkan biaya produksi petani.

“Sehingga kami harapkan para petani kita berbasis teknologi yang mempermudah panen. Dengan ini nantinya bisa menurunkan anggaran hasil panen yang dilakukan dengan cara tradisional,” kata Gadang, Minggu (17/9/2017) seraya mengatakan, kegiatan ini didukung penuh oleh Dinas Tanaman, Ketahanan pangan dan Holtikultura dan dihadiri oleh UPTD Pertanian, Didin.

Selain itu, kata Gadang pihaknya juga melakukan kegiatan peningkatan pengetahuan terhadap kelompok tani yang ada di kecamatan air sugihan dengan melakukan study banding ke desa Tanjung Lago kabupaten Banyuasin yang di fasilitasi oleh Unsri dan dibimbing langsung oleh Almarhum Prof. Robiyanto H. Susanto yang merupakan guru besar Unsri.

“Bantuan alat ini salah satu tindak lanjut dari kegiatan tersebut sekaligus mengenang Almarhum yang telah menghadap sang khalik pada 8 September lalu,”jelasnya.

Sementara itu, kepala Dinas Tanaman, Ketahanan pangan dan Holtikultura Kabupaten OKI, Syarifuddin mengatakan, pemerintah sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh PT OKI PULP dengan membantu petani jagung berupa alat perontok jagung.

Katanya, Bantuan alsin ini dapat menambah alat perontok yang ada dan sangat bermanfaat bagi petani di Kec. Air sugihan yang saat ini sedang mengembangkan tanaman jagung di lahan pasang surut IP 300 (padi-padi-jagung).

“Kita berharap pihak swasta yang ada di Kab. OKI dapat ikut mendampingi serta membina para petani sekitar lokasi perusahaan, paling tidak dengan program bina lingkungannya,”jelasnya.

(novi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.