Solidaritas ‘Bumbung Kemanusiaan’ untuk Pengungsi Rohignya

Spread the love

Jurnalline.com, JAKARTA – Kwartir Nasional (Kwarnas) gerakan pramuka kembali melakukan aksi kemanusiaan untuk membantu pengungsi  Rohingya di Rakhine state, Myanmar. Aksi ‘Bumbung Kemanusiaan’ cara unik Pramuka menggalang dana kepeduliaan untuk sebuah tujuan tertentu. Dahulu, aksi ini biasanya menggunakan media bambu untuk menampung dana yang dikumpulkan.

“Setiap anggota Pramuka memiliki rasa kepedulian sehingga kita sebut ‘Bumbung Kemanusiaan’ karena hasilnya nanti membantu pengungsi Rohingya,” ujar  S. Budi Prayitno sebagai wakil ketua Kwarnas Gerakan Pramuka bidang Pembinaan Anggota Muda (Bina Muda) dalam acara konfrensi pers yang digelar di Kwarnas Gerakan Pramuka, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (6/9).
Budi mengajak seluruh anggota Pramuka dan masyarakat secara umum untuk tidak ragu-ragu dalam membantu pengungsi Rohingya lewat ‘Bumbung Kemanusiaan’. Caranya mudah, berapapun jumlahnya, cukup transfer ke rekening Pramuka peduli dan kumpulkan donasinya terlebih dahulu di masing-masing kwartir (ranting/cabang/ daerah) untuk kemudian dikirim ke rekening Pramuka Peduli. Setelah itu konfirmasi ke tim Pramuka Peduli.
“Bumbung Kemanusiaan ini akan disalurkan akibat kurang beruntung, kena bencana, konflik di Indonesia dan di luar Indonesia,” ungkap Kak Budi kepala bidang.
Indo sebagai ketua kwartir, Pramuka Myanmar ini sebagai anggota penuh,dan sebelumnya dikeluarkan karena belum menganut demokrasi. Ada program messanger of peace atau duta perdamaian dan sudah berjalan sejak 2005, pemberdayaan anak jalanan termasuk penanggulangan bencana. Relawan pramuka dipersiapkan dalam kerja kemanusiaan yang siap siaga kapan saja dikirim.
Mendukung aksi kemanusiaan adalah arahan yang baik dan menindaklanjuti kerjasama bilateral dengan Pramuka Myanmar.
Aksi Bumbung ini ‘unik’ dalam aksi kemanusiaan dalam implementasi dasa dharma.
Bantuan ini dapat disalurkan melalui rekening 909010100 BNI cabang Menteng, Jakarta Pusat atas nama Pramuka Peduli.
(dms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.