Dewan KEK Gelar Sosialisasi Pembangunan KEK Tanjung Api – Api

Spread the love

Jurnalline.com, Banyuasin (Sumsel) – Dalam rangka memberikan pengetahuan tentang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ke Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuasin, Sekretaris Dewan kawasan (KEK ) Tanjung siapi – api menggelar sosialisasi di Auditorium Pemkab Banyuasin, Rabu (24/01/2018).

Hadir dalam acara sosialisasi (KEK) narasumber dari KEK yakni Sekretaris (KEK) TAA Ibu Megaria , Koordinator Project Manajemen Unit (KEK) TAA, Direktur PT Sriwijaya Mandiri Sumsel IGB Surya Negara, Direktur PT Sriwijaya Tanjung Carat Eka Putra, Kajari Banyuasin La Kamis, SH,MH, Sekda Banyuasin Dr. Ir H. Firmansyah, M.Sc, Kepala Bappeda Litbang Ir. Zulkifli Idrus, M. TP, para Kepala OPD, Camat, Kades, dan lurah.

“Sosialisasi ini sebagai konsolidasi dan koordinasi rencana dan capaian gerak tindak sebagai upaya menyatukan arah ke depan,” kata Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM

Tentang KEK, menurutnya KEK merupakan program pemerintah yang mampu memberikan kesejahteraan masyarakat dan melakukan pembangunan di suatu kawasan. “Sesuai PP 51 tahun 2014 tentang KEK merupakan bukti diakuinya potensi dan keunggulan geoekonomi dan geostrategis kawasan yang kelak diproyeksikan menjadi terdepan dibidang industri, energi, logistik, dan ekspor” jelas Supriono

Selain itu, tujuan adanya KEK dapat mensejahterakan masyarakat. Khususnya memperkerjakan masyarakat lokal dan menyerap ribuan pekerja. Sehingga, ke depan tidak ada warga pengangguran di kawasan tersebut. “Jadi kita harus berbangga. Apalagi KEK di Tanjung Carat juga nanti dapat dijadikan sektor pariwisata” sambungnya
Kenapa harus tanjung carat sebagai KEK ?. Dijelaskan Bupati Banyuasin lantaran Kabupaten Banyuasin ini memiliki alam yang indah khususnya perairan dan ditargetkan sepuluh tahun ke depan pulau ini menjadi lumbung perekonomian Kabupaten Banyuasin.

Untuk dapat beroperasi, KEK Tanjung Api-api harus dapat memenuhi kelengkapan infrastruktur, sumber daya manusia, hingga perangkat pengendalian administrasi. “Seperti pengadaan hingga pematangan lahan, ketersediaan jalan, jaringan air bersih, listrik, dan sistem air limbah, sistem pengelolaan sampah, pemadam kebakaran, sistem keamanan, dan kantor administrasi.

Sementara, Sekretaris Dewan KEK mengharapkan dukungan dari Pemerintah Daerah khususnya Pemerintah Kabupaten Banyuasin untuk melakukan pengembangan diwilayah penyangga KEK. Ia melihat ini sebagai peluang besar bagi Kabupaten Banyuasin yang secara signifikan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

(Hasidarmansyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.