Puluhan WNA Terlantar Di Depan Trotoar Kantor Imigrasi

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Puluhan Warga Negara Asing (WNA) asal Afganistan, Sudan dan Somalia, kembali menggelandang di atas trotoar depan Kantor Detensi Imigrasi, Jalan Peta Selatan, Kalideres Jakarta Barat, Rabu (10/1/18).

Para WNA sudah 23 hari terlantar di trotoar, Mereka pun adalah pencari suaka ke Negara Indonesia lantaran di Negaranya penuh dengan konflik.

“Kami merasa nyaman ada di Negara Indonesia karena disini damai dan nyaman.

Kami ke Negara Indonesia tujuannya adalah mencari perlindungan,” ujar Runing warga asal Somalia,Rabu (10/1/2018)

Dari hasil pantauan jurnalline di lokasi depan Imigrasi Kalideres, ada sekitar 50 para pencari suaka asal Negara Asing yakni, Afghanistan, Sudan dan Somalia, tampak terlihat bukan orang dewasa saja , melainkan anak-anak di bawah umur pun terlihat mereka tidur dengan alat seadanya, seperti tikar karpet dan tenda yang di dirikan diatas trotoar.

Sementara itu, Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban Detensi Imigrasi R. Achmad ketika dikonfirmasi jurnalline.com mengatakan, pihaknya sudah bekerja sama dengan instansi terkait soal keberadaan mereka.

“Kita sudah berkordinasi dengan instansi terkait, untuk memberi pelayanan yang terbaik terhadap mereka.Sementara penampungan di dalam sudah over Kapasitas,” ucapnya.

Achmad juga menjelaskan, ruang penampungan di dalam Detensi Imigrasi hanya mampu menampung 120 orang.Sementara yang ada di dalam penampungan sudah mencapai empat ratus orang lebih sampai dengan tgl 8 Januari 2018.

“Sekarang kita lakukan Emergency dulu, terutama tentang kesehatannya.Soalnya ada wanita yg sdang hamil dan ada orang tua yang sedang sakit.Kita kerjasama dengan pihak Sudin Kesehatan Jakarta Barat, Kecamatan Kalideres dan Puskesmas Kalideres untuk melakukan cek kesehatan kepada mereka,” tutupnya.

(ndo/alx) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.