Warga Ngeluh, Eceng Gondok Cemari Sungai Komering

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung OKI (Sumsel) – Warga Desa Terate mengeluh karna Jembatan pengubung Desa Pantai- Desa Serdang Menang dan Desa Terate – Desa Belanti dipenuhi dengan eceng gondok dan sampah yang bertumbukan.
Pantauan dilapangan rabu(24/01/2018),eceng gondok tersebut tumbuh dan menyebar luas dan nyangkut ditiang penyangga jembatan Desa Terate Kecamatan Sirah Pulau Padang kabupaten Ogan Komering Ilir(OKI).
Minah salah satu warga desa Terate menjelaskan,eceng gondok yang kian menyebar luas dikhawatirkan dapat mengganggu potensi habitat di sungai Komering.
“Kami kawatir jika hujan terus menerus serta kian bertumpuknya sampah sungai akan meluap dan akan terjadi banjir” tutur minah.
Romasko salah satu warga yang keseharian nya pengguna alternatif sungai menambahkan ia merasa Adanya eceng gondok tersebut membuat aktifitas warga yang keseharian melewati sungai untuk menuju kesawah menjadi terganggu.
“kami sangat terganggu yang biasanya menggunakan jalur alternatif sungai jauh lebih cepat sampai dan kini harus menambah sedikit waktu untuk bisa menuju kesawah,” jelasnya.
Terpisah Camat SP Padang Herliansyah SSTP saat di konfirmasi Wartawan Jurnalline.com mengatakan eceng gondok yang nyangkut pada tiang penyangga jembatan sudah kerap dibersihkan,namun musim hujan yang terus menerus menyebabkan kiriman eceng gondok kian banyak sehingga petugas yang membersihkan eceng gondok tersebut sering kewalahan .
“pemerintah sudah melakukan kebijakan dengan pihak desa dengan cara melakukan pembersihan area sungai komering terkait eceng gondok yang nyangkut di tiang penyangga jembatan Desa Terate yang kerap kali mengganggu aktifitas warga,” ungkapnya.

(Eka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.