Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Gelar UTP Umum

Spread the love

Jurnalline.com, Penkostrad – Dalam rangka memelihara dan meningkatkan kemampuan tempur prajuritnya, Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad menyelenggarakan Uji Terampil Perorangan Umum (UTPU). Purworejo, Rabu (24/1).

Uji Terampil Perorangan Umum merupakan salah satu cara untuk mengetahui sejauh mana tingkat pengetahuan dan keterampilan prajurit berdasarkan tingkat kepangkatan.

Kegiatan ini merupakan program latihan Satuan yang dilaksanakan sejak tanggal 22 hingga 27 Januari 2018. Adapun materi yang diujikan meliputi Pengetahuan Militer Umum (Pengmilum), Teknik Dasar Bertempur (Niksarpur),  Ilmu Medan, Pertolongan Pertama di Lapangan (Longmalap), Pengetahuan Senjata Ringan (Pengjatri), Cara Memberikan Instruksi (CMI) dan Pengamanan Intelijen.

Sebelum pelaksanaan UTP Umum ini, para prajurit terlebih dahulu dibekali dengan pelaksanaan Latihan Perorangan Dasar (Latorsar) beberapa minggu sebelumnya. Untuk materi kegiatan Latorsar tersebut berpedoman pada Buku Petunjuk Umum Prajurit (BPUP) 1 s.d 7 dan diujikan pada kegiatan UTP Umum.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui secara pasti pengetahuan dan keterampilan perorangan prajurit dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tingkatannya, sehingga kemampuan tersebut dapat terpelihara dan ditingkatkan.

Selain itu, dapat diperoleh juga suatu data kuantitatif yang valid tentang pemahaman serta penguasaan prajurit terhadap pengetahuan dan keterampilan untuk kepentingan pembinaan personel atau pembinaan latihan di Satuan.

Komandan Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad, Mayor Inf Widi Rahman, S.H. mengungkapkan bahwa pentingnya setiap prajurit untuk menguasai kemampuan dasar prajurit, karena kedepannya tugas yang diemban akan semakin berat dan kompleks, sehingga profesionalisme prajurit dituntut untuk mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas.

“Prajurit yang profesional adalah prajurit yang mampu menguasai keterampilan sesuai kepangkatan dan dapat mengaplikasikannya dengan baik di lapangan”, terang Mayor Widi Rahman.

(Fram/Dre)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.