Gubernur OllyDondokambey Ajak Bersama Hasilkan Pemimpin Berkualitas

Spread the love

Jurnalline.com, Sulut – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE mengajak kepada masyarakat Sulawesi Utara untuk bersama komitmen hasilkan pemimpin berkualitas pada Pilkada 2018.

Hal ini diungkapkan Gubernur saat menghadiri rapat koordinasi nasional (Rakornas) pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (20/2/2018) diikuti sekitar  171 kepala daerah provinsi, kabupaten, dan kota seluruh Indonesia.

“Pertemuan seluruh kepala Daerah ini diantaranya bertujuan menyamakan persepsi antar pemangku kepentingan menjelang pilkada, untuk mewujudkan proses Pilkada yang sehat damai dan tertib sehingga dapat melahirkan pemimpin daerah yang berkualitas dengan Tujuan adalah menguatkan kembali substansi dalam memperkuat upaya pencegahan korupsi menjelang Pilkada. Memperkuat upaya transparansi dan akuntabilitas dana hibah pilkada, memperkokoh netralitas birokrasi, mengonsolidasikan segenap aparat pemerintah, Pemda, TNI, Polri, KPU, Bawaslu, menjaga kelancaran saat kampanye, jelang pencoblosan, penghitungan suara, pengumuman hasil dan penanganan hasil sengketa serta pengawalan jika terdapat pilkada susulan atau pilkada ulang,membangun semangat kebebasan Demokrasi kepada semua pihak untuk menerima hasil pilkada secara wajar, siap menang, siap kalah, dan lebih mengedepankan hukum dalam sengketa proses pilkada.” Tukas Olly.

Diketahui bersama sekitar enam kabupaten/kota di Sulut, yakni Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kota Kotamobagu, Kabupaten Kepulauan Talaud serta Kabupaten Kepulauan Siau, TagulandangSitaro akan melaksanakan Pilkada2018.

“Peran pemerintah pusat dan daerah sangat diperlukan sebagai upaya mengantisipasi permasalahan yang dikhawatirkan menimbulkan gesekan horizontal di antara calon peserta maupun pendukung pasangan calon, sehingga optimalisasi dukungan pemerintah pusat dan daerah dalam memetakan potensi konflik disertai koordinasi intensif dengan aparat penegak hukum menjadi hal yang perlu dikedepankan.” Tutup Dondokambey

Sementara itu Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Soni Sumarsono mengatakan, rakornas diselenggarakan sebagai upaya memperkuat soliditas pemerintah pusat, pemerintah daerah, KPU dan Bawaslu dalam mengawal Pilkada serentak 2018.

“Pilkada serentak sehat tanpa isu SARA. Pilkada yang jujur tanpa politik uang dan Pilkada yang menggembirakan. Kami semua bersaudara,” tegas Sumarsono di hadapan ratusan peserta rakornas.

Pertemuan ini turut dihadiri Menkopolhukam Wiranto, Mendagri Tjahjo Kumolo, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Sulut Edison Humiang, dan Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Jemmy Kumendong.

(Iskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.