Supervisi Bidang Laka Lantas Ditlantas Polda Banten Di Satlantas Polres Jajaran

Spread the love

Jurnalline.com, KOTA SERANG – Rangkaian kegiatan Supervisi yang dilakukan Ditlantas Polda Banten khususnya bidang Laka Lantas ke beberapa Satlantas Polres jajaran, dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan transparansi penyidikan Laka Lantas guna mewujudkan Polisi Lalu Lintas (Polantas) yang Promoter.

Rangkaian kegiatan Supervisi ini dipimpin langsung Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Banten beserta Team diawali untuk pertama kali di Satlantas Polres Lebak tepatnya pada hari Senin tanggal 05 Januari 2018.

Kunjungan berikutnya di hari kedua ke Satlantas Polres Pandeglang. Hari ketiga ke Satlantas Polres Cilegon dan hari keempat tepatnya Kamis tanggal 09 Februari 2018 di Satlantas Polres Serang.

“Tujuan diadakanya supervisi tersebut semata – mata sebagai wujud tanggung jawab pimpinan khususnya Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Tri Julianto Djatiutomo selaku pembina fungsi untuk memberikan arahan terkait pelaksanaan tugas, khususnya bidang penanganan Laka Lantas serta Anev terhadap pelaksanaan penanganan Laka Lantas tahun 2017,” Jelas Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Banten AKBP Solihin Abu Bakar S.H., M.H.

Mengingat wilayah hukum Polda Banten sebagai daerah penyangga ibukota sekaligus perlintasan lalu lintas pulau Jawa dan pulau Sumatera, maka mobilitas kendaraan cenderung tinggi, sehingga perlu di lakukan upaya kongkrit dalam meminimalisir daerah rawan Laka Lantas (black spot). Untuk itu kegiatan Supervisi yang dilaksanakan sekaligus guna mengetahui program penanganan Laka Lantas dan upaya pencegahan oleh Satlantas jajaran dengan dukungan unsur pemangku pementingan bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Berdasarkan data Laka Lantas tahun 2017, jumlah kejadian Laka Lantas di wilayah hukum Polda Banten sebanyak 1.726 kejadian dengan korban meninggal sebanyak 746 jiwa, korban luka berat sebanyak 370 orang, korban luka ringan sebanyak 1.23 orang. Walaupun terjadi penurunan sebesar 30% dibandingkan dengan tahun 2016 tentunnya diperlukan upaya nyata guna menekan angka dan fatalitas korban Laka Lantas.

“Hasil pengecekan data korban Laka Lantas di tahun 2017 di Satlantas Polres jajaran sudah valid dengan data Laka Lantas di PT. Jasa Raharja Banten, sehingga tidak ditemukan adanya korban laka lantas yang berhak menerima santunan tidak tersantuni,” tambah AKBP Solihin Abu Bakar

Giat Supervisi, rencananya masih akan dilanjutkan ke Satlantas Polres Serang Kota pada hari Senin tanggal 12 Februari 2018 dan Satlantas Polresta Tangerang pada hari Selasa tanggal 13 Februari 2018. Diharapakan dengan adanya Supervisi yang juga menekankan pada aplikasi data Laka Lantas, kedepannya masyarakat makin dimudahkan dengan optimalisasi aplikasi laporan laka lantas secara online (IRSMS) sehingga pihak rumah sakit yang merawat korban dan PT. Jasa Raharja dapat mengakses data korban Laka Lantas yang terjadi.

“Alhamdulillah, kegiatan Supervisi Laka Lantas berjalan dengan lancar, saat ini,”tutup Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Banten.

(Ags)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.