Banjir Kembali Lagi Di Perumahan Binong Permai

Spread the love

Jurnalline.com, Kab. Tangerang – Warga Perumahan Binong Permai, Kelurahan Binong, Kacamatan Curug, Tangerang, Banten kembali merasakan banjir pada Senin(5/3) pagi hujan lebat dan cukup lama. Prediksi Hans Suta atas kondisi sosial di sana ternyata mulai terlihat kebenarannya.

Menurut Pemerhati Lingkungan Hans Suta, Binong Permai banjir  karena ada tiga faktor utama: Pertama, drainase tidak dibuat serius alias ala kadar . Kedua, lahan fasum ditutup untuk buat tempat musyawarah tanpa konsep ramah lingkungan sehingga Air dibuang sia-sia mengalir ke parit tanpa Usaha menahan selama mungkin Air ke dalam tanah. Ketiga, semakin banyak pembangunan perumahan sehingga air tidak lagi meresap ke dalam tanah.

” Kami sempat memberi masukan pada warga tiga tahun silam agar tidak perlu membuat pendopo di lahan kosong depan lapangan futsal RT.8 RW.7 Kelurahan Binong. Sudah banyak tanah yang kita tutup, sementara drainase tidak memadai karena sempit dan kurang dalam. Jadi, banjir karena ulah tangan Manusia juga.” Kata Hans.

Tidak ada blue print pembangunan yang berkelanjutan merupakan titik lemah bangsa ini dalam menjalankan pembangunan di negeri ini. Kelurahan Binong bukan satu-satunya contoh fenomena banjir di negeri ini. Masih banyak yang lainnya. Namun, bangsa ini kurang belajar atas pengalaman yang dialami. Hendaknya evaluasi berkala dilakukan agar terlihat lebih cerdas dari waktu ke waktu.

(aris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.