Desak Provinsi Perbaiki Tanggungjawab bidang Infrastruktur

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung OKI (Sumsel) – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) meminta pertanggungjawaban untuk memperbaiki jalan Provinsi yang ada di Kabupaten OKI. Pasalnya, gara-gara kerusakan jalan ini, pihak pemerintah daerah selalu menjadi sasaran bully.

Hal ini diungkapkan oleh PLT Bupati OKI, H M Rifai SE dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten OKI, Ma’ruf CM SIP MM dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten OKI 2019 di Sekretariat Bappeda OKI, Senin (26/3). Dihadapan perwakilan Bappeda Sumsel, Ma’ruf menegaskan agar jalan provinsi yang ada di OKI segera diperbaiki.

“Tolong jalan provinsi ditangani. Jangan yang bertanggungjawab provinsi, tapi yang di-bully kami di kabupaten,” ujar Ma’fruf.

Ke depan, lanjut Ma’ruf, program yang menjadi prioritas Pemkab OKI salah satunya adalah masalah jalan serta listrik. “Untuk program yang lain, seperti pada program pendidikan, kesehatan, pertanian dan koperasi tetap akan dimaksimalkan,” ujarnya.

Terkait RKPD yang dimusyawarahkan, Ma’ruf mengungkapkan, agar ini menjadi acuan bagi seluruh OPD dalam menyusun rencana dan penyusunan KUA-PPAS serta RAPD Kabupaten OKI. “Menjadi perhatian dan kajian yang sangat penting untuk membuat dan menjalankan program yang dilakukan oleh seluruh OPD hingga DPRD,” tegasnya.

Masih kata Ma’ruf, untuk menentukan program di tahun 2019 juga akan melihat program-program yang ditawarkan oleh para kandidat calon bupati OKI saat melakukan kampanye.

Hal senada juga diungkapkan Plt Bupati OKI, H M Rifa’i SE. Menurutnya, tahun 2019 merupakan tahun transisi, tak hanya untuk Kabupaten, provinsi dan pusat juga melakukan pemilihan pemimpin.

“Musrenbang RKPD ini sendiri sebelumnya telah diawali dengan Musrenbang dibtingkat desa, kecamatan hingga ini di tingkat Kabupaten. Ini Harus mematuhi arahan presiden dan pemerataan pembangunan, strategi ini dilakukan dalam memberantas kemiskinan dan peningkatan ekonomi,” jelas Rifa’i.

Terkait perbaikan jalan provinsi Rifai menjelaskan memang ada banyak jalan yang menjadi tanggungjawab provinsi di wilayah OKI yang mengalami kerusakan. Oleh karena itu, dirinya meminta agar pemprov juga segera memperbaiki jalan tersebut. “Luar biasa kerusakan jalan ini,” singkatnya.

Sementara itu, Bappeda Sumsel melalui Kabid Kesejahteraan Sosial dan Kesejahteraan Rakyat, Eli Suryani, mengungkapkan, apa yang menjadi perencanaan pembangunan dari kabupaten OKI akan dibawa ke dalam Musrenbang di tingkat provinsi April mendatang. “Termasuk perbaikan jalan yang menjadi tanggungjawab Provinsi,” jelasnya.

Dirinya menjelaskan, yang kerap menjadikan ketidak selaraskan antara pemerintah pusat dan daerah adalah karena terkadang daerah prioritasnya lebih banyak. “Pesan dr Bappenas, jangan sampai yang di daerah lebih banyak. Misal nasional ada lima, di daerah empat,” jelasnya.

Untuk kabupaten OKI sendiri, empat  pembangunan daerah prioritas RKPD 2019, dengan tema Pemerataan Pembangunan untuk Penanggulangan Kemiskinan yaitu mengurangi kesenjangan antar wilayah melalui pembangunan infrastruktur perdesaan, peningkatan pelayanan dasar melalui peningkatan pelayanan pendidikan, kesehatan, serta penanggulangan kemiskinan.

Ketiga, peningkatan perekonomian masyarakat melalui pengembangan produk pertanian. Keempat, menjaga stabilitas daerah melalui peningkatan keamanan dan ketertiban masyarakat serta mewujudkan pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa.

Dengan sasaran peningkatan laju pertumbuhan ekonomi 4,90 – 5,20 persen, Indeks Pembangunan  Manusia, 67,0 – 68,2 persen, tingkat pengangguran terbuka 2,05 – 3,05 persen, serta persentase penduduk miskin 15,6 – 15,8 persen.

(Eka DH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.