Yonif Raider 509 Kostrad Tingkatkan Kemampuan Menembak Prajurit

Spread the love

Jurnalline.com, Penkostrad – Sebanyak 95 anggota prajurit Yonif Raider 509 Kostrad melaksanakan latihan menembak drill kering acu bidik di Lapangan Tembak Yonif Raider 509 Kostrad, Selasa (27/3/18).

Salah Satu upaya pembinaan satuan dalam memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak prajurit  untuk mendukung tantangan tugas yang semakin komplek, salah satunya dengan melaksanakan menembak  dengan metode driil kering atau acu bidik yang rutin dilaksanakan oleh prajurit Yonif Raider 509/Kostad di sela-sela kegiatan minggu militer.

Komandan Batalyon Raider 509 Kostrad  Mayor Inf La Ode Muhammad Nurdin, S.Sos., M.I.Pol. mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini selain memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak anggota, juga untuk melatih kesiapsiagaan prajurit.

Kegiatan menembak bukan hanya sekedar menarik picu dan mengenai sasaran, namun sesungguhnya membutuhkan proses yang teliti mulai dari membuat gambar bidik, mengatur nafas dan menentukan ritme dalam menarik picu hingga peluru tepat menuju sasaran yang di inginkan.

“ Dengan latihan rutin seperti ini, teknik mengambil membidik, teknik mengatur nafas dan cara menarik picu senjata prajurit akan semakin terasah, dan tentunya prajurit akan lebih mengenal karakter senjata masing-masing. Untuk melakukan proses tersebut, dibutuhkan persiapan fisik, mental dan bakat serta keahlian khusus. Perawatan senjata juga harus diperhatikan, senjata harus dalam keadaan bersih sebelum, saat dan sesudah latihan menembak agar mekanisme kerja senapan tetap terawat dengan baik,” imbuhnya.

(Fram/JA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.