Kodim 0402/OKI Gelar Isra’ Mi’raj Sekaligus Kenaikan Pangkat

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung OKI (Sumsel) – Sebagai upaya untuk memantapkan keimanan dan ketaqwaan prajurit, Komando Distrik Militer (Kodim) 0402/OKI-OI menggelar kegiatan Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1439 H/2018 M yang di pusatkan di Masjid Al Hidayah Komplek Markas Kodim 0402/OKI, tepatnya di Jalan Sersan Dahlan Daud Kelurahan Paku Kabupaten OKI, Senin (23/04/2018).

Kegiatan ini mengusung tema “Jadikan Hikmah Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1439 H/2018 M sebagai sarana pemantapan iman dan taqwa prajurit dan PNS TNI-AD yang berjiwa kesatria, Militan, Loyal, modern dan manunggal dengan rakyat”.  yang diikuti oleh Ratusan Prajurit dan anggota Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXXVII jajaran Kodim 0402/OKI-OI dan masyarakat yang tinggal di sekitar Masjid Kodim tersebut.

Dandim 0402/OKI-OI Letkol Inf Sefrianizar Ssos, mengatakan untuk kegiatan Isra Mi’raj dan keagamaan lainnya yakni memang salah satu program pembinaan untuk personil dibidang kesejahteraan moril dan kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa ini Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam.

“Selain program yang memang harus dilaksanakan, kegiatan ini memang sebagai bentuk rasa syukur yang patut kita syukuri, kalo tidak ada  peristiwa Isra Mi’raj mungkin sholat kita sudah lima puluh kali sehari semalam. Yang jelas sebagai pembinaan dibidang kerohanian pada personil, biasanya kegiatan seperti ini selalu kita fokuskan pada malam hari. Namun, mengingat aktifitas masyarakat sekitar lokasi berkurang jika malam hari, maka kegiatan ini kita gelar pada siang hari “ujar Perwira Menengah ini disela-sela kegiatan.

Tambahnya, peristiwa Isra Mi’raj merupakan sebagian tanda-tanda kebesaran Allah Swt, pengalaman perjalan Nabi Muhammad Saw melalui Isra Mir’aj disampaikan pada umatnya, agar umatnya mampu memetik butir-butir hikmah tertentu. “mudah-mudahan para personil TNI dapat mengambil hikmah, dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT sehingga kalau sudah dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan Haqqul Yakin sukses dalam melaksanakan tugas apapun jenis tugasnya,” katanya.

Masih kata Dandim, sebelumnya selain Isra Mi’raj, pada hari yang sama Kodim 0402/OKI  juga melaksanakan acara Laporan Korps Raport Kenaikan Pangkat Bintara dan Tamtama. “ada 27 orang yang terdiri dari Bintara dan Tamtama melaksanakan acara Laporan Korps Raport Kenaikan Pangkat Bintara dan Tamtama yang terdiri dari Serma ke Pelda, Serka ke Serma , Sertu ke Serka, Serda ke Sertu , Koptu ke Kopka , Kopda ke Koptu , Praka ke Kopda , Pratu ke Prakadan Prada ke Pratu. Acara kenaikan pangkat tersebut dilaksanakan di Halaman Pendopoan Kodomongan Kodim 0402/OKI,” tandasnya.

Sementara itu dalam Ceramahnya, Ustadz Susi Indrawanto menjelaskan, Isra Mi’raj adalah perjalanan malam hari Rasulullah Nabi Muhammad Saw dari Masjidil Haram (Mekkah) ke Masjidil Al Aqsa (Yerusalem-Palestina/ Israel), kemudian dilanjutkan menuju langit ke Sidratul Muntaha dengan tujuan menerima wahyu Allah Swt. Ada banyak arti, makna dan hikmah dari peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad Saw.

Lanjutnya, Isra Mi’raj adalah dua bagian dari perjalanan yang dilakukan oleh Muhammad dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa ini Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam.

“Meski kewajiban, sebaiknya jangan terpaksa menjalankan sholat karena ujungnya tidak ikhlas. Karna Sholat jika tidak dengan Niat maka tidak akan Sah, Jalani shalat sebagai sebuah kecintaan kita kepada Allah Saw dan RasulNya yang sudah mendapatkan perintah untuk menunaikan sholat,” ungkap Ustadz asal Ogan Ilir tersebut.

Lebih lanjut dijelaskannya, dalam Alquran, sejarah Isra Mi’raj hanya dituliskan, “Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya, pada suatu malam dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aksa yang Kami berkahi sekelilingnya supaya Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya, Dia adalah Maha Mendengar dan Maha Melihat.” pungkasnya.

(Eka DH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.