Perlahan Hapus Stigma Negative,Warga Serahkan Senpira 

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung OKI (Sumsel) – Pasca tiga Tokoh masyarakat yang menyerahkan Senjata Api Rakitan (Senpira) pada Jumat (13/04/2018) lalu, Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0402/OKI-OI ke 101 tahun 2018 di Desa Sungai Ceper Kecamatan Sungai Menang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) kembali menerima serahan Senpira dari masyarakat setempat sekitar pukul 16.30 WIB, Senin (16/04/2018).

Dandim 0402/OKI-OI Kapten Inf Seprianizar Ssos melalui SSK TMMD ke 101 tahun 2018 Kodim 0402/OKI-OI Kapten Chb Jauhari Mengatakan, dengan penyerahan senjata tersebut, diharapkan untuk masyarakat Sungai Ceper dapat membantu aparat TNI AD dalam menegakkan hukum yang berlaku, serta pihaknya berharap agar masyarakat sadar akan hukum sehingga kedepannya lebih banyak lagi masyarakat Desa Sungai Ceper yang mencontoh tiga warga ini dengan menyerahkan Senjata api yang mereka simpan.  .

“Penyerahan tiga pucuk Senpira milik Burhanudin (37) seorang petani warga Kampung II, Imron (55) seorang petani warga Kampung III dan Yasmin (48) Seorang Guru warga Kampung II Desa Sungai Ceper Kecamatan Sungai Menang secara sukarela kepada Satgas TMMD. Mengingat, Image dan stigma Desa Sungai Ceper sebagai kampung perakit senjata api rakitan sudah dikenal masyarakat luas khususnya di Sumatera Selatan (Sumsel),”ujar Jauhari.

Masih kata Jauhari, kedatangan ketiga warga tersebut dengan tujuan untuk menyerahkan Tiga Pucuk Senpira milik mereka dengan niat tulus dan ikhlas menyerahkan Senjata api yang mereka simpan selama ini kepada Satgas TMMD di Pos Komando pengendalian Taktis (Poskodaltis), sebagai bentuk kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mematuhi Hukum yang berlaku, bahwa memiliki, menyimpan, dan mengedar/menjual Senpira merupakan hal yang bertentangan dengan hukum.

“Rinciannya, tiga warga tersebut menyerahkan tiga pucuk senpira laras pendek atau pistol jenis colt dengan isian amunisi 5.56 mm,”ungkapnya seraya menuturkan menurut pengakuan warga senjata tersebut merupakan peninggalan dari orang tua yang sudah meninggal dan ada yang dari membeli.

Tambahnya, sampai saat ini Satgas TMMD ke 101 Kodim 0402/OKI telah menerima Enam Pucuk Senpira yang diserahkan secara sukarela oleh Masyarakat Desa Sungai Ceper. “harapan kita semua, masyarakat yang memiliki senpira agar dengan sukarela menyerahkan kepada satgas TMMD yang sedang bertugas, guna mengantisipasi tindak penyalahgunaan senpira untuk hal-hal yang tidak diinginkan, dan mudah-mudahan dengan kerjasama yang baik dari masyarakat dapat perlahan menghapus Image Sungai Ceper sebagai Kampung yang dikenal dengan kampung pembuat Senpira itu,”harapnya.

(Eka DH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.