Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Malut Gelar Diseminasi Program SMA

Spread the love

Jurnalline.com, Maluku Utara – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara menggelar pelatihan Diseminasi Pogram SMA, yang diikuti oleh seluruh Kepala SMA se-Maluku Utara. Pelatihan berlangsung selama tiga hari, di Aula Hotel Muara Kota Ternate, Jumat 25/5/2018 sampai dengan minggu 27/5/2018.

Kepala Bidang Pembinaan SMA, Rustam Panjab kepada media ini mengatakan, Diseminasi merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Selain tingkat provinsi, kegiatan itu juga dagendakan oleh Kemendikbud yang dihadiri oleh Dinas Pendidikan Provinsi se-Indonesia.

“Pada prinsipnya adalah, bahwa kegiatan ini adalah kegiatan tahunan, yang dilaksanakan dengan biaya dekon. Dan itu merupakan kegiatan berkelanjutan daripada kegiatan diseminasi tingkat pusat, yang dilakukan oleh kementerian dengan pesertanya dari 34 provinsi” Kata Rustam usai memberikan arahan kepada peserta, hari ke-2 kegiatan, di Lobby Muara Hotel Ternate, Sabtu (26/5/2018).

Rustam menjelaskan, salah satu metode yang digunakan dalam Diseminasi ini adalah diskusi kelompok. Pihak penyelenggara akan memberikan tema untuk di diskusikan, hasilnya kemudian dijadikan rekomendsi kelompok ke Dinas Pendidikan untuk ditindaklanjut ke Kemendikbud.

“Topik pembahasam yang saya sodorkan diberikan kepada peserta kelompok untuk bagaimana bisa memberikan beberapa rekomendasi. Yang itu akan dijadikan rekomendasi dinas kepada Pemda maupun Pemerintah Pusat, ini loh peta permasalahan pendidikan di Maluku Utara yang disampaikan melalui program diseminasi kali ini.”Ujarnya

Oleh sebab itu, Rustam berharap peserta dapat memberikan rekomendasi kepada pemerintah, baik Pemerintah Daerah (Pemda), maupun Pemerintah Pusat. Rekomendasi yang dimaksud adalah usulan atas masalah yang umum terjadi di sekolah, yang hingga kini belum juga terselesaikan. Ia mencontohkan seperti K-13, pelaksanaan UN, dan penyerapan anggaran Program Indonesia Pintar (PIP).

Sekolah Menengah Atas (SMA) yang diundang dalam Diseminasi tersebut adalah, 19 sekolah negeri dan swasta dari Kota Ternate, 23 sekolah dari Kota Tikep, Halbar 18 sekolah, Halut 22 sekolah, Halsel 53 sekolah, Halteng 11 sekolah, Haltim 15 sekolah, Kepsul 13 sekolah, Morotai 13 sekolah, serta taliabu 11 sekolah.

(WY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.