Jelang Ramadhan, Kadis Perindag Malut Mengajak Masyarakat Jadi Konsumen Cerdas

Spread the love

Jurnalline.com, Maluku Utara – Memasuki bulan suci Ramadhan 1439 H, tentu kebutuhan bahan pokok makanan akan meningkat dari bulan biasanya. Menyadari hal itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku Utara Asrul Gailea, mengajak masyarakat menjadi konsumen yang cerdas. Hal itu disampaikan Asrul disela-sela rapat paripurna di kantor DPRD Provinsi Maluku Utara, Sofifi, Senin (14/5/2017).

Asrul menjelaskan, konsumen cerdas berarti mampu menyeleksi kebutuhan dan memperhatikan informasi yang terdapat pada label produk. Pasalnya, seringkali masyarakat kurang perhatikam sehingga memperoleh produk yang kadaluwarsa.

“Menghadapi bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri nanti, menciptakan diri kita menjadi seorang konsumen cerdas. Konsumen cerdas itu berarti bahwa membeli barang itu harus kita melihat, memilih, melihat barang dengan benar, baik dari sisi higienis dan expired date (kadaluwarsa), harga, dan ketersediaannya” Tutur pria kelahiran Sanana ini.

Selain itu, lanjut Asrul, konsumen cerdas juga dalam memperoleh barang tidak sampai melebihi batas kebutuhan.”Konsumen cerdas juga ketika membeli suatu produk atau barang yang dikonsumsi itu jangan terlalu berlebihan. Konsumsi yang pas sesuai kebutuhan” Ujarnya

Ditambahkan, alasan lain konsep konsumen cerdas itu harus diimplementasikan oleh kita semua adalah untuk menghindari terjadinya kelangkaan produk di pasar.” Kita juga membeli barang yang pas sehingga tidak terjadi kelangkaan di pasar. Kalau kita membeli barang besar-besaran tentu akan terjadi kelangkaan, karena barang dipasar itu teebatas” Jelas Asrul

Oleh karena itu, Asrul menghimbau kepada masyarakat agar cerdas dalam membeli barang. Sebab jika kelangkaan terjadi maka secara otomatis harga barang akan meningkat.”Barang di pasar itu terbatas, kalau barang langka yang jelas dengan sendirinya hukum pasar akan berlaku, barang itu akan naik. Makanya himbauan Perindag itu jadilah diri kita konsumen cerdas” Ucap Mantan Kepala Syahbandar Kepulauan Sula ini.

(WY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.