Penutupan TMMD ke 101, PLT Bupati OKI : TNI Luar Biasa

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung OKI (Sumsel) – Upacara Penutupan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 Kodim 0402/OKI tahun 2018 yang digelar di lapangan , di Desa Sungai Ceper Kecamatan Sungai Menang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), yang langsung ditutup oleh Danrem 044 / Gapo Sriwijaya dengan tujuan Tni menunggal rakyat membangun karakter dan kemandirian bangsa, Kamis (03/05/2018).

Pada upacara penutupan tersebut, berbagai pertunjukan yang dihadirkan oleh Kodim 0402/OKI seperti seni tari kreasi, tari Gapelo persembahan Ibu Persit Candra Kirana Cabang XXXVII, panggung Hiburan rakyat, pemutaran Film TMMD 101 Sungai Ceper serta berbagai pertunjukan lainnya yang sontak menjadi tontonan warga. Masyarakat yang antusias menyaksikan upacara tersebut datang berbondong-bondong untuk menyaksikan acara penutupan tersebut, hal ini terlihat masyarakat Sungai Ceper seakan tak ingin kegiatan ini berakhir hal ini terpancar dari raut wajah para warga Sungai Ceper yang telah berbaur layaknya keluarga dengan Satgas yang tergabung dalam program TMMD ini.

Kegiatan ini juga, dihadiri oleh Plt Bupati OKI HM Rifai SE, Danrem 044/ Gapo, Ketua DPRD OKI H Yusuf Mekki, serta Kepala OPD Kabupaten OKI yang terkait.

Dandim 0402-OKI Letkol Inf Sefrianizar Ssos menuturkan, 20 maret 2018 program TMMD untuk sasaran fisik telah mencapai, perehaban masjid Baitulrahman, pengecatan pagar masjid, pembangunan jembatan penghubung, penbanguan PAUD untuk anak usia dini, pembanguan jalan setapak, pembanguan lapangan bulu tangkis dan lapangan Volly untuk taruna Sungai Ceper, serta pembangunan Mck/toilet umum untuk warga Desa Sungai Ceper.

Selanjutnya, pelaksaan program TMMD dan hasil yang dicapai pada program Non Fisik yakni,  hubungan kerja yang baik diharapkan dapat memupuk persatuan dan kesatuan sebagai anak bangsa untuk saling menghargai, bahu-membahu membangun bangsa, sadar serta menghindari bahaya akan narkoba.

Dan, sampai saat ini juga Satgas TMMD, telah menerima 52 senpira dari masyarakat Sungai Ceper secara suka rela, mengingat selama ini desa Sungai Ceper dikenal dengan kampung perakit Senpira, kami harap kegiatan ini perlahan akan menghapus stigma Sungai Ceper yang dikenal sebagai kampung perakit Senpira akan hilang. “52 Senpira tersebut terdiri dari 47 pucuk laras pendek (pistol) , 5 pucuk laras panjang (Senapan), 2 butir munisi kaliber 5.56 mm dan 2 unit mesin bubut/alat pembuat senpira. TMMD juga telah memangun jembatan plat besi yang menghubungkan dusun 1 dan dusun 2 desa Sungai Ceper, yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sungai Ceper untuk melakukan aktifitas sehari-hari,”ujar Melati dua ini saat memimpin jalannya upacara penutupan TMMD ke- 101.

Danrem 044/ Gapo Kolonel Inf Iman Budiman Mengatakan, apresiasi dan penghargaan tinggi Kepada Tni  dan Msayarakat desa Sungai Ceper yang telah mendukung program TMMD ke 101 ini secara totalitas, “saya ucapkan terima kasih untuk semua pihak yang telah mensukseskan jalannya program TMMD ini secara totalitas, yang turut berperan aktif untuk bergotong royong serta bahu- membahu untuk membangun desa Sungai Ceper yang selama ini terpencil,” kata Danrem seraya ber

Lanjutnya, 30 hari sudah program TMMD membangun desa, hari ini ada 50 wilayah melangsungkan perayaan penutupan program TMMD secara serentak. semoga semangat perjuangan membangun kesatuan dan persatuan tetap tercipta antara TNI dengan rakyat, selaras dengan tema TMMD pada tahun 2018 ini yakni Tni menunggal rakyat membangun karakter dan kemandirian bangsa.

“Atas nama dan penanggung jawab operasional mengucapkan maaf jika dalam pembangunan TNI-AD melakukan kesalahan, saya juga berpesan agar persatuan serta budaya gotong royong tetap terjaga meski TMMD ini berakhir, kepada masyarakat juga saya mengimbau agar  masyarakat senantiasa menjaga apa yang telah dibangun dan mudah-mudahan dapat berguna bagi masyarakat dalam kurun waktu yang lama,” harapnya

Plt Bupati OKI HM Rifai SE mengungkapkan, pihaknya sangat berterima kasih kepada pihak TNI, atas terselenggaranya TMMD ke 101 Di OKI khusunya di desa Sungai Ceper ini. ” sudah kita lihat bersama, hasilnya bisa kita lihat bersama berbagai kemajuan terlihat, desa yang dulu terpecil sekarang sudah mengalami kemajuan, TNI sangat luar biasa karna program TMMD telah membantu, sesuai dengan Visi -misi Kabupaten OKI membangun OKI dari desa ,” ujarnya di sela kegiatan.

Lanjutnya, pihaknya berharap dengan adanya TMMD ini, khususnya masyarakat Sungai Ceper ini TMMD ini, seperti pembangunan masjid harapnya bisa dimanfaatkan, bagi anak-anak usia dini telah dibangun Paud, pembangunan Lapangan bulu tangkis dan volly untuk taruna sungai ceper. “harapan kita tentunya, akan meningkatkan kesejahteraan warga Sungai Ceper, serta untuk jembatan penghubung antar desa yang menghubungkan  Dusun 1 dan Dusun 2 tentunya diharapkan  dapat bermanfaat bagi masyarakat Sungai Ceper dalam melakukan aktifitas sehari-hari ,” tandasnya.

Kepala Desa Sungai Ceper Kaharno SH mengungkapkan, aksi nyata dari TNI itu memang sangat warga butuhkan selama ini. Harapan masyarakat yang ingin memiliki desa yang maju selama bertahun-tahun akhirnya dapat terpenuhi dengan program TMMD itu.

“Kami sangat bersyukur sekali adanya TMMD di lingkungan kami, karena dulu sebelum adanya TMMD ini jalan dilingkungan kami sangat memprihatinkan, sekarang alhamdulilah kami bisa melakukan aktifitas layaknya desa-desa lain, terima kasih Tni ku kami sangat terbantu atas program TMMD yang masuk desa kami.” ungkapnya.

Masyarakat desa terpencil dan terisolir itu tidak pernah membayangkan akan mendapatkan perubahan drastis dalam lingkungannya. Impian selama bertahun-tahun lamanya dapat diwujudkan oleh Satgas TMMD hanya dalam kurun waktu sebulan lebih. Aksi nyata yang selalu diharapkan berkesinambungan yang sama sekali tidak tersentuh

itu adalah jawaban kesedihan warga desa yang jauh dari keramaian kota.

Dengan hadirnya TMMD ditengah masyarakat kecil, anggapan TNI adalah orang yang menakutkan seakan hilang seketika. Sejatinya dengan program dengan beribu manfaat tersebut membuktikan bahwa TNI akan selalu bersama rakyat sebagai teman, keluarga dan pelindungnya

(Eka DH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.