Rakor Kadin 2018, OD: Ajak Pengusaha Berinvestasi Di Sulut

Spread the love

Jurnalline.com, Sulut – Usai menghadiri Rapat Koordinasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Yang dipusatkan di Provinsi Sulut, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, mengajak agar pengusaha-pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk berinvestasi di Sulut hal ini dikatakan Gubernur pada pembukaan Rapat Koordinasi Wilayah Timur Kadin Indonesia Tahun 2018 di Grand Kawanua International Convention Center (GKIC) Jumat (4/5/2018).

Sulut saat ini berada di garda terdepan Republik Indonesia ini sebagai daerah yang memiliki potensi investasi diantaranya sektor pariwisata, infrastruktur, dan kelautan yang sangat menjanjikan sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat berinvestasi.

“Saya mengajak pengusaha pengusaha yang tergabung di Kadin, untuk semakin banyak berinvestasi, Terkait peluang investasi sektor pariwisata, Olly menyebutkan saat ini Sulut menjadi daerah wisata diminati di Indonesia datang ke Sulut,” ujar OD

Diketahui, saat ini jumlah wisatawan mancanegara ke Sulut di tahun 2017 mencapai hampir 100.000 orang dan wisatawan nusantara 1.698.523 orang. Hal ini, memicu berkembangnya usaha sarana penunjang, seperti jumlah hotel berbintang mencapai 38 hotel, dan hotel non bintang mencapai 325 hotel.

Berkembangnya sektor pariwisata juga menunjang pertumbuhan ekonomi Sulut. Berdasarkan data BPS tahun 2017, ekonomi Sulut tumbuh sebesar 6,32 persen atau diatas petumbuhan ekonomi nasional yang sebesar 5,07 persen. Selain pariwisata, Gubernur menyinggung pentingnya peranan pelabuhan untuk memperkuat sektor ekonomi dan industri. Olly meminta pengusaha Kadin dapat memanfaatkan Pelabuhan Bitung untuk membuka jalur perdagangan di wilayah timur Indonesia.

“Kalau jalur ini dibuka, di Sulut lewat Pelabuhan Bitung misalnya, tentu harga barang bisa lebih murah dan makin bisa bersaing. Pemerintah provinsi pasti mendukungnya berharap, lewat rakor wilayah timur Kadin dapat menghasilkan rekomendasi-rekomendasi strategis implementatif sebagai modal penting bagi organisasi dalam peran aktifnya membangun organisasi, daerah dan bangsa Indonesia kedepan.” Tukas OD

Diketahui Rakor Wilayah Timur Kadin Indonesia ini turut dihadiri Sesditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Yaya Supriyatna Sumadinata, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pengolahan Makanan dan Industri Peternakan, Juan Permata Adoe, dan Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perikanan dan Kelautan Yugi Prayanto, Ketua Kadin Sulut, Hangky Arther Gerungan.

(Iskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.