Gubernur OD Apresiasi Pilkada Berjalan Aman Dan Lancar

Spread the love

Jurnalline.com,Sulut (Minahasa) – Gubernur Olly Dondokambey saat melaksanakan pemantauan langsung jalannya pemungutan suara di Kabupaten Minahasa.

“Pilkada berjalan lancar dengan situasi keamanan relatif aman terkendali, dan lancar,” kata Olly disela meninjau pelaksanaan Pilkada.

Olly Dondokambey menegaskan kunci utama suksesnya pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 yang berlangsung di Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kota Kotamobagu, Kabupaten Kepulauan Talaud serta Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang dan Biaro itu adalah sinergitas semua pemangku kepentingan terkait.

“Kami memberi apresiasi kepada masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya hari ini,” kata Olly.

Kepada para calon Bupati, Wakil Bupati dan Walikota, Wakil Walikota yang mengikuti pilkada, Olly juga menyampaikan apresiasi karena telah melaksanakan proses demokrasi di Sulut secara baik sejak kampanye hingga hari pemilihan.

“Siapapun yang menang dalam Pilkada ini merupakan pimpinan yang diinginkan rakyat, semua harus mendukung demi terselenggaranya roda pemerintahan dan pembangunan yang baik bagi Sulut,” ucap Olly.

Diketahui, Pilkada diikuti 16 Pasangan Calon (Paslon) serta sekitar 626.892 pemilih yang tersebar pada 79 Kecamatan dan 800 Desa/Kelurahan.

Adapun dukungan Pemprov Sulut terhadap hajatan politik yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) itu sesuai Pasal 126 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011.

Turut hadir dalam pemantauan pilkada Bersama Gubernur, Unsur Forkopimda Minahasa, Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen, Sekda Kab. Minahasa Jefry Korengkeng serta Bawaslu Minahasa.

Sementara itu Pejabat Bupati Minahasa Drs Royke H Mewoh DEA, saat melakukan Video Confrence dengan Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia dalam rangka melaporkan penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Minahasa pada Kamis (28/6/2018) didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra DR. Denny Mangala, M.Si, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Ir. Dolfie Kasenda, M.Sc, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Drs. Jorry Gumansing, Kepala Bagian Humas dan Protokol Drs. Moudy L. Pangerapan, MAP, serta Kepala Bagian Pemerintahan dan Administrasi Kewilayahan David Mangundap, SE.

Kegiatan yang digelar di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa tersebut, Bupati Minahasa memberikan laporan kepada Kepala Pusat Data dan Informasi Setjen Kementrian dalam Negeri Asmawa Tosepu, AP, M,Si, tentang informasi perolehan hasil Pilkada dan situasi setelah Pilkada dilaksanakan.

“Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Minahasa berlangsung dalam keadaan aman dan terkendali, masyarakat yang berpartisipasi dalam pilkada sangat antusias dan sekitar kurang lebih 90%. Calon nomor 1 memperoleh kurang lebih 34,98% suara dan Calon nomor 2 memperoleh kurang lebih 65,02% suara. DPT yang menggunakan suara kurang lebih 251450 Dan data suara yang rusak masih sementara direkapitulasi tetapi data yang ada sekarang sekitar kurang lebih 201000,”

“Pilkada kemarin, sudah sesuai dengan ketentuan dan keterkaitan semua aparat sudah sangat baik, karena memang koordinasi antara aparat TNI, POLRI, PANWASLU, maupun KPU, pemerintah ataupun masyarakat sudah sangat baik,” pungkasnya.

(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.