Mahasiswa UGM Yogya Workshop di Tomohon

Spread the love

Jurnalline.com,Sulut (Tomohon) – Pusat Penelitian Panas Bumi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Mahasiswa KKN – PPM UGM Jogyakarta, melaksanakan kegiatan workshop pengembangan pariwisata panas bumi di desa lahendong, Kamis (27/6/2018) didampingi Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Pri Utami , dan Dr Khazani Dengan jumlah peserta 29 mahasiswa bertempat di Aula Rudis Walikota Tomohon.

Tema workshop Tahun 2018 mengambil tema Implementasi kegiatan ekonomi masyarakat lokal dalam mendukung kegiatan pariwisata berbasis panas bumi.

Kepada Wartawan media ini Dosen pembimbing Lapangan: Dr. Pri Utami , dan Dr Khazani mengapresiasi akan kegiatan yang suda berjalan tiga tahun sejak 2016 hingga kini 2018 berharap dapat memberikan manfaat dan ilmu kepada masyarakat.

Kami menyampaikan bahwa UGM telah melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang panas bumi selama 3 tahun terakhir di Sulawesi Utara, khususnya di Tomohon. Sebagai tindak lanjut dari acara terdahulu, kami merencanakan acara workshop, Aspek pemilihan energi masa depan seperti tingkat keberlanjutan (sustainability), ramah lingkungan, ketersediaan cadangan dan teknologi, kebutuhan luas lahan, dekonstruksi pembangkitan energi.

“Diketahui bahwa Energi panas bumi merupakan energi yang bersih, ramah lingkungan terbaru kan, dan dapat dimanfaatkan ditempat keberadaannya. Potensi panas bumi di Indonesia sangatlah besar sehingga bila dikembangkan dengan optimal dapat membantu tercapainya ketahanan energi dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan.” Ujar Utami

Lanjutnya Energi panas bumi tersimpan didalam sistem panas bumi yang dapat ditemukan dengan menerapkan ilmu ilmu kebumian, dan dapat dimanfaatkan dengan menerapkan teknologi yang sesuai sebab Indonesia merupakan laboratorium alam panas bumi yang tersebar dan terlengkap di dunia , sehingga menjadi tempat yang ideal sebagai pusat keutamaan penelitian dan pembelanjaran panas bumi sebagai sumber energi terbaru kan adalah energi yang sumber perolehannya dapat berlangsung secara terus menerus tidak habis.

“Energi panas bumi berasal dari pemanfaatan uap air bertekanan yang dihasilkan dari pemanasan/penguapan air oleh sumber panas di perut Bumi. Bila sirkulasi air – uap air terus terjaga maka energi akan terus terpelihara(sustainable).”

Diketahui KKN PPM Mahasiswa UGM Jogyakarta periode II tahun 2018 akan berjalan selama dua bulan 23 juni hingga 10 agustus 2018.

Sebelumnya Sekretaris Kota HaroldLolowang mewakili walikota JFEv menuturkan dengan adanya panas bumi di sekitar kawasan digendong akan menginspirasi masyarakat agar berinovasi tarik investor memberi kontribusi bagi ketahanan energi melalui panas bumi terbaru kan.

“Kaitan dengan workshop ini kami berharap dapat meningkatkan pengetahuan mengenai pemanfaatan, sehingga dapat berdampak positif subsektor pariwisata, ekonomi kreatif, dan kelestarian alam.” Tutup Lolowang

(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.