Akhir Pekan Ini Akan Hadir Cerita Dari Kampung Cidodol Silat Betawi Sampai Talkshow Sejarah Kampung Luar Batang Di Pasar Seni Ancol.

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – 13 Juli 2018.
Kampung Budaya Betawi Ancol punya beragam acara menarik untuk ditampilkan ke publik pada setiap minggunya. Setelah sebelumnya mengulas tentang hari lahir Jakarta, kisah Si Pitung, selanjutnya pada Sabtu dan Minggu ini (14-15 Juli 2018), Kampung Budaya Betawi Ancol kembali menampilkan talkshow dan kegiatan menarik berkaitan dengan Betawi.

Untuk Sabtu, 14 Juli 2018 akan ada talkshow dengan tema *Cerita Dari Kampung Cidodol- Jakarta*, Halal Bihalal Ratusan Pesilat dari Asosiasi Silat Tradisi Betawi Indonesia (ASTRABI) dan Festival Silat Betawi . Sedangkan Minggu, 15 Juli 2018, akan ada Talkshow seputar sejarah Kampung Luar Batang. Acara berlangsung pukul 13.30 – 15.00 WIB di gedung North Art Space (NAS), Pasar Seni Ancol yang juga menjadi tempat pameran Wall Of Frame Betawi.

*CERITA DARI KAMPUNG CIDODOL DAN FESTIVAL SILAT BETAWI*
Acara talkshow mengenai Cerita Dari Kampung Cidodol akan menghadirkan pembicara Anwar Al Batawi, Ketua Umum Asosiasi Silat Tradisi Betawi Indonesia (ASTRABI) sekaligus Pengurus Lembaga Kebudayaan Betawi. Anwar Albatawi yang juga Sekjen Pejuang Siliwangi Indonesia akan bercerita tentang seluk beluk Kampung Cidodol yang berada di Jakarta Selatan.

Tidak hanya itu, di hari yang sama ada pula kemeriahan Halal Bihalal ASTRABI yang akan dihadiri oleh perguruan maen pukulan Betawi yang ada di Jabodetabek. Dilengkapi dengan Festival Silat Betawi dari berbagai perguruan dan sanggar di bawah naungan ASTRABI.

ASTRABI merupakan asosiasi silat Betawi yang memiliki tujuan mengangkat “maen pukulan Betawi” ke pentas Nasional dan Internasional. Maen Pukulan disini diwujudkan dalam sebuah kemampuan bela diri yang memiliki konsep dan tema. Beragam kegiatan positif untuk meningkatkan kemampuan anggotanya pernah digelar, seperti pelatihan membuat video silat, pelatihan koreografi silat, sampai mengirimkan anggotanya ke berbagai event festival silat di Indonesia. Dalam pelestarian budaya Betawi, ASTRABI telah membuat acara pertunjukan wayang kulit Betawi yang masuk kategori langka dan acara lainnya.

*KISAH DARI KAMPUNG LUAR BATANG*
Cerita tentang Kampung Luar Batang memang selalu menarik untuk ditelisik . Disini akan diulas lebih dalam tentang Sejarah Kampung Luar Batang yang menghadirkan pembicara tokoh Kampung Luar Batang sekaligus Ketua Umum Sunda Kelapa Heritage, Daeng Mansur. Selain itu juga hadir Candrian Attahiyyat, Arkeolog UI sekaligus Tim Ahli Cagar Budaya Pemprov DKI Jakarta.

Kampung Luar Batang yang berada di Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara memiliki sebuah masjid bersejarah yang dibangun pada tahun 1739 oleh Sayid Husein bin Abubakar Alaydrus. Masjid ini adalah bagian dari cagar budaya yang dilindungi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Mau tahu seperti apa cerita selengkapnya? silakan datang ke acara talkshow di Kampung Budaya Betawi Ancol yang digelar pada 15 Juli 2018 mendatang.

Selain acara talkshow, pengunjung juga dapat mempelajari asal-usul nama 267 Kelurahan di Jakarta di pameran Wall Of Frame Betawi.

*TENTANG WALL OF FRAME BETAWI*
Sebagai informasi, Wall Of Frame betawi merupakan bagian dari kegiatan Kampung Betawi Ancol yang dilaunching oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, Rabu 13 Juni 2018 lalu. Pameran Wall Of Frame Betawi dimotori oleh Roni Adi dari Sikumbang Tenabang dengan ketua tim penulis oleh Candrian Attahiyyat. Tim penulis lainnya yang telibat didalamnya antara lain Yahya Andi Saputra ( wakil ketua tim penulis), Asep Setiawan, dan Rachmad Sadeli. Sedangkan pameran dikerjakan oleh oleh Abi Koeshardadi dan foto-foto yang terpanjang dalam pameran tersebut dipercayakan kepada Yusar Mikail.

Tidak hanya itu, di tempat ini juga ada spot foto yang instagramable dengan konsep rumah Betawi yang unik dan dilengkapi dengan busana khas Betawi, cocok sebagai dokumentasi bergaya khas Jakarta bersama keluarga dan sahabat tercinta.

(Yati)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.