Asian Games, Kerajinan Purun OKI Di Pamerkan

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung OKI (Sumsel) – Dinas Industri Kecil Menengah dan Koperasi Kabupaten (OKI) akan mengangkat kerajinan purun, yang merupakan kerajinan lokal Kabupaten OKI pada pameran selama Asian Games berlangsung di Kota Palembang, Agustus nanti.

Kepala Bidang Industri Kecil dan Menengah (IKM), Dinas Industri Kecil Menengah dan Koperasi, Syaiful Anwar mengatakan, purun memang kerajinan khas Pedamaran OKI yang dibuat bukan hanya tikar, tapi juga tas, sandal dan kerajinana lainya. “Untuk pameran kami sudah siap 80 persen,” terangnya, Jumat (13/7/2018).

Masih kata dia, pihaknya menyewa satu stand dengan biaya Rp35 juta selama Asian Games berlangsung. Pihaknya juga memamerkan songket khas Kayuagung, pempek, model, tekwan dan kemplang yang sudah dikenal masyarakat.

Mengenai harga bervariasi tergantung dengan barang yang dijual mulai dari Rp7 ribu hingga ratusan ribu.Seperti beberapa waktu lalu pihaknya baru saja pulang mengikuti pameran. “Lumayan banyak yang suka,” imbuhnya.

Ia berharap kedepan 25 kelompok pengajian binaan IKM untuk terus berinovasi mengembangkan hasil kerajinan dari purun, sehingga dapat bernilai tinggi dengan kualitas terbaik.

Yama pengrajin purin mengaku, setiap hari ia mampu menganyam hingga 10 tikar satu tikar dijual Rp10-Rp15 ribu. “Kalau jualan berjalan saja ada saja yang beli tikar tiap minggunya apalagi disini semua pengrajin,” tandasnya.

(Eka DH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE