Kajati Sulut Roskanedi Lantik Tiga Kejari dan Satu Koordinator

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Utara (Sulut) M. Roskanedi, SH, Jumat (27/7/2018)) pukul 09.00 Wita bertempat di Aula Kejaksaan Tinggi  Sulut memimpin Upacara pengambilan sumpah, pelantikan dan serah terima jabatan pejabat tiga Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) dan satu Koordinator pada Kejati Sulut.

Upacara pengambilan sumpah, pelantikan dan serah terima jabatan keempat pejabat eselon IIIb di Lingkungan Kejati Sulut oleh Kajati berdasarkan Surat Keputusan Jaksa Agung RI Nomor : Kep-535/C/07/2018 tanggal 19 Juli 2018 dan Surat Perintah Kajati Sulut Nomor : Print-535/R.1/Cp.3/07/2018 tanggal, 19 Juli 2018.

Para pejabat yang dilantik dan diambil sumpah yakni Rakhmat Budiman. T, SH. M.Kn sebagai Kajari Minahasa menggantikan Saptana Setyabudi, SH.MH yang telah dimutasikan menjadi Asisten Bidang Pidana Umum Kejati D.I Yogyakarta; Sutikno, SH.MH sebagai Kajari Kepulauan Talaud menggantikan Hendry Silitonga, SH yang telah dimutasikan menjadi Asisten Bidang Pengawasan Kejati Maluku Utara; I Wayan Eka Miartha, SH.MH sebagai Kajari Minahasa Selatan menggantikan Lambok M. J. Sidabutar, SH.MH yang telah dimutasikan menjadi Koordinator pada Kejati Kalimantan Barat; dan Ardian, SH sebagai Koordinator pada Kejati Sulut.

Dalam sambutannya Kajati M. Roskanedi, SH, mengatakan bahwa dalam suatu organisasi, termasuk struktur organisasi yang berada dilingkungan Kejaksaan RI, pelantikan, pengambilan sumpah dan serah terima jabatan seperti yang telah kita saksikan bersama merupakan suatu mekanisme organisasi yang dilaksanakan secara terencana, teratur, tertib dan berkesinambungan dimana tujuan utama adalah untuk mendinamisasikan kehidupan organisasi, menumbuh kembangkan kegairahan kerja serta pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal yang secara kumulatif akan berdampak kepada kualitas pelaksanaan tugas.

“Oleh karena itu pergantian pejabat harus dilihat sebagai suatu peristiwa penting baik ditinjau dari tuntutan perkembangan organisasi yang sehat dan dinamis maupun dari segi pendayagunaan sumber daya manusia,” jelasnya.

Beberapa hari yang lalu lanjut kajati, kami telah melaksanakan Hari Bhakti Adhyaksa ke-58 Tahun 2018 dengan mengangkat tema “Berkarya dan Berbakti Sepenuh Hati Menjaga Negeri” dan Sub Thema “Memulihkan Kepercayaan Masyarakat Melalui Konsolidasi, Evaluasi, Introspeksi Diri, Optimalisasi dan Peningkatan Dedikasi”.

“Ada yang harus dipahami terang Kajati, berkeenaan dengan apa yang kita maksud dengaan kesungguhan hati dalam berkarya, adalah bahwa saat mengemban amanah dan setiap melaksanakan tugas, fungsi dan kewenangan jajaran kejaksaan hendaknya mampu menerjemahkan beragam keinginan dan harapan di tengah dinamika kehidupan sosial kemasyarakatan yang acapkali mengalami perkembangan dan perubahan.” Ucap Roskenadi

Kemampuan sedemikian hanya akan dimiliki manakala segenap insan Adhyaksa mengerti makna semua masalah yang sedang di tangani dan dihadapi. Miliki pula kwalitas profesionalisme yanng tinggi dimana di dalamnya orang tidak semata hanya mengandalkan pemikiran dan pengetahuan yang luas disamping analisa yang kritis dan mendalam serta kreatifitas inovasi dan gagasan saja, namun harus berpijak pada kejernihan nurani yang menghargai dan menempatkan manusia dan nilai-nilai kemanusiaan sebagai keutamaan, penegakan hukum oleh jajaran Kejaksaan secara substansial tidak harus semata hanya mengejar kuantitas tetapi juga mesti mengedepankan kualitas secara ideal dan berimbang.

Roskenadi menambahkan bahwa Kualitas dan kuantitas pelayanan yang mampu memuliakan harkat dan martabat manusia dengan menjunjung tinggi keadilan, kepastian dan kebenaran yang menentramkan.

Diungkapkan Kajari Kepada Sdr. Rakhmat Budiman. T, SH. M.Kn dan istri, Sdr. Sutikno,SH.MH dan Istri, Sdr.I Wayan Eka Miartha, SH.MH dan istri serta Sdr. Ardian, SH dan istri, semoga kita dapat bersinergi, bekerja sama dalam meneruskan amanat dan rencana kerja yang telah ditetapkan oleh Kejaksaan Agung R.I.

Kepada Sdr. Saptana Setyabudi, SH.MH, Sdr. Hendry Silitonga, SH, Sdr. Lambok M. J. Sidabutar, SH.MH dan Sdr. Erwin Purba, SH, saya atas nama pimpinan maupun keluarga besar Kejati Sulut mengucapkan terimakasih atas bentuk pengabdian dan karya yang telah di berikan.

“Selamat bertugas, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan taufik dan hidayahnya kepada kita semua,”  tutur Kajati mengakhiri sambutannya.

Upacara berlangsung dengan baik dan khidmat di hadiri oleh Para Asisten, Kabag Tata Usaha, Para Koodinator, para Kajari se Sulawesi Utara, Kasi Penkum Yoni E. Mallaka, SH dan pejabat struktural eselon IV, V dan Staf Kejati Sulut. Turut hadir juga Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Kejaksaan se Sulut Ny. Soraya Djamin Roskanedi beserta  Ibu-ibu Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Sulut.

(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.