Seru, Peserta KBP 2018 Terima Materi Outbond

Spread the love

Jurnalline.com, Pendiv2 – Dalam rangka melatih ketangkasan sekaligus menanamkan sikap disiplin, Divisi Infanteri 2 Kostrad menggelar pelatihan outbond kepada para peserta Kemah Bakti Pemuda 2018 di Markas Divif 2 Kostrad, Singosari, Malang. Sabtu (30/6/2018).

Kegiatan yang diikuti 650 orang peserta ini bertujuan untuk memberikan dan meningkatkan kedisiplinan, demi menyiapkan mental dan fisik para pemuda dalam kegiatan belajar mengajar maupun kehidupan sehari-hari.

Materi outbond ini diisi dengan beberapa materi, meliputi jembatan tali 2, jembatan tali 3, rayapan tali 1 dan jaring pendarat, yang dipimpin langsung oleh Perwira Jasmani Divif 2 Kostrad, Mayor Inf Edi Ristiono.

Materi outbond ini dapat meningkatkan adrenalin, sehingga para peserta merasa tertantang untuk menaklukan beberapa rintangan yang disediakan. Terutama pada lintasan rayapan tali satu, para peserta diwajibkan melintasi seutas tali dengan merayap sehingga diperlukan keseimbangan untuk dapat melewati rintangan tersebut. Terlebih sorak sorai peserta lain yang menambah ketegangan dan mempersulit konsentrasi.

“Dengan mengikuti outbond, para peserta KBP 2018 tidak hanya dihadapkan pada tantangan intelegensia, tetapi juga fisik dan mental. Sehingga akan menjadi sebuah pengalaman yang membekali dirinya dalam menghadapi tantangan yang lebih nyata dalam persaingan di kehidupan sosial masyarakat”, jelas mayor Edi.

Disamping itu, Ia juga mengatakan bahwa outbond merupakan pembelajaran perilaku kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka. Walaupun dengan pendekatan yang unik dan sederhana, akan tetapi lebih efektif, karena outbond tidak sarat dengan teori-teori, melainkan langsung diterapkan pada elemen-elemen yang mendasar, seperti saling percaya dan memperhatikan serta sikap proaktif dan komunikatif.

 

(Fram/Dre)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.