523 Orang Dapat Remisi 18 Orang Remisi Bebas Murni

Spread the love

Jurnalline.com, Banyuasin (Sumsel) – Sebanyak 523 Nara Pidana (napi) di jajaran Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Kabupaten Banyuasin pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesian (RI) Ke 73 tahun 2018 mendapat remisi tahanan, sementara 18 orang warga binaan lainnya mendapat remisi bebas murni.

Berdasarkan keputusan meteri hukum dan hak asasi manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia, pemberian remisi umum tahun 2018 kepada narapidana dan anak pidana di lapas Banyuasin.

Kepala Lembaga Masyarakat Lapas Kelas III Kabupaten Banyuasin Reza Yudhistira mengatakan 523 narapidana yang mendapat remisi, diantaranya 18 orang bebas murni yang termasuk kreteria minimal telah menjalani hukuman minimal 6 bulan berkelakuan baik dan mematuhi aturan lapas.

“Remisi merupakan hak warga binaan yang menjalani proses masa hukuman, remisi merupakan motivator atau penyemangat bagi setiap warga binaan untuk senantiasa berkelakuan baik, mematuhi segala tatatertib Lapas dan dapat melaksanakan program binaan yang diberikan selama menjalani masa tahanan sebagai warga binaan,” ujar Reza Yudhistira.

Terlihat hadir dalam acara tersebut Bupati Banyuasin Supriono, Pgs Dandim 0430/BA Mayor CZI Agus Supriyadi, Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Markos Surya Pinem, Kadis Capil Banyuasin Saukani, Unsur Muspida lainya.

Warga binaan lapas Banyuasin, Rukani yang sempat dibincangi mengatakan, sebagai warga binaan menuturkan terimakasihnya kepada Pemerintah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang telah memberikan remisi hukuman kepada para nara pidana.

“Sebagai warga binaan lapas Banyuasin kami sangat berterimakasih atas remisi yang diberikan setiap setahun sekali, selama dilapas kami juga telah mendapatah bekal dari pondok pesantren Al Hidayah yang diterapkan untuk kami selaku warga binaan dan diajarkan ilmu dalam kehidupan sehari-hari saat kembali di masyarakat nanti, kami berharap pada tahun yang akan datang agar remisi ditambah lebih banyak lagi,” jelasnya.

(Martin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.