Dana Desa Tingkatkan Pemerataan Pembangunan di Desa 

Spread the love

Jurnalline.com, Banyuasin (Sumsel) – Pemerintah Desa Meranti Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan, membangun jalan dalan desa dan siring untuk meningkatkan pemerataan pembangun desa. Program Kementerian Desa mengucurkan dana untuk pembangunan di desa sangat dirasakan masyarakat, melalui dana tersebut pemerintah desa terutama daerah yang tidak tersentuh pembangunan dari pemerintah daerah.

Kepala Desa Meranti Imam Santoso mengatakan, Desa Meranti untuk tahun 2018 melakukan pembangunan di beberapa titik lokasi dengan tiga tahap pembangunan, tahap pertama mengecor jalan dalam desa di RT 12 dengan panjang 200 meter, tahap ke dua pemerintah desa juga membangun siring di RT 11 dengan panjang 170 meter dan menyambung pengecor jalan dalam desa di RT 12 dengan panjang 100 meter dan cor jalan di RT 14 dengan panjang 200 meter.

“Pembangunan dengan dana desa ini terus kita salurkan dilokasi desa yang harus dilakukan, semaksimal mungkin kami laksanakan agar bermanfaat untuk masyarakat banyak,” ujar Imam Santoso kepada wartawan media ini, (27/08).

Untuk pembangunan tahap ke tiga pemerintah desa telah merencanakan pembuatan sumur gali yang dipusatkan di wilayah RT 05 dan RT 07 desa Meranti, sedengkan pembangunan jalan cor dalam desa akan dilakulan di RT 03 dan RT 10.

“Ya jika dilihat dari pembangunan semua harus dilakukan, sesuai dengan dana desa yang kami diterima pembangunan dilakukan dengan cara bertahap, karena dana desa yang dikucurkan bertahap, pastinya semaksimal mungkin kami laksanakan sesuai atauran yang ada, dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” jelasnya.

Dana Desa selain pembangunan juga diperuntukan dana pemberdayaan, dengan meningkatkan pelatihan kerja perangkat desa dana tersebut sebagian dapat digunakan untuk penyuluhan memberantas peredaran narkoba di kalangan remaja, penyuluhan kebakaran hutan dan lahan serta berbagai kegiatan positif lainnya.

“Harapan kami dengan adanya dana desa ini pembangunan di desa lebih meningkat, membantu masyarakat dalam mempermudah pengetahuan melalui dasar pendidikan yang diberikan, dengan dana desa juga perekonomian masyarakat dapat meningkat karena pembangunan dilakukan menggunakan tenaga masyarakat di desa,” Pungkaanya.

(Martin).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.