MPR RI Sosialisasi Empat Pilar Dengan Fordamas Kota Tangerang

Spread the love

Jurnalline.com, Kota Tangerang – Dalam rangka melaksanakan tugas sesuai amanat UU no.17 tahun 2014 jo. UU no.42 tahun 2014. Maka Majelis Permusyawaratan  Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) menjadi salah satu materi permasyarakatan Empat Pilar MPR yang terdiri dari Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI th 1945 sebagai Konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Temu Tokoh Nasional/ Kebangsaan, kerjasama MPR RI Sosialisasi Empat Pilar atas Ketetapan MPR dengan Forum Pemberdayaan Pemuda dan Masyarakat (FORDAMAS) Kota Tangerang di Aula Ahlakul Karim, Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang Jalan Satria Sudirman No.1 Suka Asih Kota Tangerang. Minggu (19/8/18)

Kegiatan sosialisasi putusan MPR oleh pimpinan MPR periode 1999-2004 dan pimpinan MPR periode 2004-2009 sampai Kesepakatan MPR dengan anggota MPR periode 2009-2014 menjadi bagian dari dasar sosialisasi Empat pilar di Kota Tangerang yang merupakan tugas MPR karena UU sebagian dari produk hukum atas peninjauan terhadap materi dan status hukum Ketetapan MPRS dan Ketetapan MPR RI tahun 1960-2002.

Ratusan peserta yang tergabung dalam Forum Pemberdayaan Pemuda dan Masyarakat (Fordamas) Kota Tangerang dalam sosialisasi Empat Pilar MPR RI terlihat antusias mendengarkan dan menyimak materi sosialisasi dari Muhamad Rizal Kepala Biro Sekertariat Pimpinan MPR RI, yang mewakili Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

M. Rizal menerangkan, pada prinsipnya acara nasional ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap nilai-nilai kebangsaan yaitu Pancasila, UUD1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, yang harus kita pertahankan jangan sampai dilupakan oleh seluruh warga Negara Indonesia.

“Bangsa Indonesia ini merumuskan nilai-nilai Pancasila hubungan alinea keempat itu adalah isinya nilai-nilai Pancasila, juga di dalam alinea keempat tuh bagaimana kita mendirikan negara, bagaimana kita menjalankan negara dengan didasari nilai-nilai kehidupan dan jangan sampai melenceng dari Pancasila,”Terangnya

“Jangan sampai nilai baru yang merusak budaya. Diharapkan partisipasi warga Kota Tangerang untuk dapat terus menyampaikan kepada yang lain khususnya di momen Dirgahayu Hut RI Ke-73 yang banyak diselenggarakan di setiap wilayah, untuk menyampaikan pesan dan membentuk kembali pemahaman tentang Empat Pilar sebagai landasan dasar untuk memperkuat jiwa bangsa Indonesia.” Harapnya.

M. Rizal pun menambahkan, untuk warga Kota Tangerang, mereka sangat antusias dalam menerima materi. Dari awal mereka tidak bergeming menyimak sampai akhir acara, semoga acara yang diselenggarakan MPR RI kepada Warga Kota Tangerang yaitu Fordamas dapat bermanfaat dan dapat ditularkan ke masyarakat yang lainnya yang ada di Kota Tangerang.

(Abidin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.