Apel Pasukan Operasi Mantap Brata 2018 Dalam Rangka Menghadapi Pileg & Pemilu Pilpres

Spread the love

Jurnalline.com, Banyuasin (Sumsel) – Kepolisian Resor Banyuasin melaksanakan Apel gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2018 dengan Tema “Kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka mewujudkan Kamdagri yang kondusif ” yang dilaksanakan dihalaman Mapolres Banyuasin, rabu 19 September 2018.

Apel gelar pasukan tersebut dipimpin langsung Wakapolres Banyuasin Kompol Arif Harsono, S.Ik, MH dan komandan upacara Ipda Ricky Febrian, SH diikuti oleh peserta upacara yang terdiri dari Ton perwira, Ton Gabungan TNI, Ton Personil Polres Bayuasin & Polsek Jajaran , Ton Sat Pol PP, Ton  Linmas dan Senkom.

Turut serta hadir Danyon Zikon 12 Mayor Czi Trisnu Novawan S.Sos, M.Tr (Han), Dandim 0430 Banyuasin Letkol Arh Alfian Amran, ST, MM, Ketua Panwaslu Banyuasin Ibjani, S.Pd, Kadishub Supriadi, Kaban Kesbangpol Drs. Indra Hadi, para pejabat utama Polres Banyuasin & Kapolsek Jajaran serta tamu undangan.

Gelar pasukan diawali pemeriksaan pasukan dan penyematan pita tanda operasi, Kemudian penyampaian amanat yang disampaikan oleh pimpinan apel antaranya:

– Perkuat solidaritas dan sinergitas TNI dan Polri guna mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan lancar

– Jaga netralitas Polri dan TNI serta hindari tindakan yang dapay mencederai netralitas TNI dan Polri dalam penyelenggaraan setiap tahapan Pemilu

– Kedepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang untuk selanjutnya dilaksanakan upaya pencegahan dan penanganan secara dini.

– Dorong seluruh elemen KPU, Bawaslu, Caleg, Parpol dan masa pendukungnya, Pemda, media, tokoh masyarakat, serta pengawas Pemilu independen untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban sesuai dengan peraturan yang berlaku.

– Gelorakan deklarasi Pemilu damai di masing2 wilayah dengan mengikutsertakan elemen2 yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu.

– Susun rencana pengamanan secara detail dan laksanakan latihan pada setiap tahapan pengamanan, termasuk dalam menghadapi situasi kontijensi.

– Lakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional, baik terhadap dugaan tindak pidana Pemilu yang diselenggararkan melalui Sentra Gakkumdu maupun potensi pelanggaran lainya guna menjamin stabilitas Kamtibmas yang kondusif.

Apel gelar pasukan berakhir pukul 08.45 Wib dan berlangsung dalam keadaan aman, tertib  dan kondusif.

(Martin).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.