Himba Desak Pemkab Banyuasin Cabut IMB Pusdiklat Maetriya Sriwijaya 

Spread the love

Jurnalline.com, Banyuasin (Sumsel) – Himpunan Mahasiswa Banyuasin (Himba) menggelar aksi damai mendesak Pemerintah Kabupaten Banyuasin mencabut Izin Mendirikan Bangunan (imb) Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Maetriya Sriwijaya terbesar di Asia Tenggara.

Aksi damai yang depimpin ketua umum Himba Panji Gribaldi sekira pukul 10.30 wib tiba di pintu masuk ke rumah Dinas Bupati Banyuasin jalan Sekojo Perkantoran Pemkab Banyuasin. menolak pembangunan Pusdiklat Maetriya Sriwijaya di Desa Talang Buluh, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, masih dalam sengketa batas wilayah Kabupaten Banyuasin dengan Kota Palembang.

Terlihat para pengunjuk rasa melengkapi aksinya dengan membawa berbagai baleho yang bertuliskan “Jangan Gunakan Otoritas Sewenang-Wenang”, bahkan ada yang menekankan dalam Aksi Damai “Hentikan Pembangunan Pusdiklat Maetriya dan Kami Butuh Pemimpin yang Cerdas”.

Para pengunjuk rasa meminta Pemkab Banyuasin membatalkan terkait pembangunan Pusdiklat Maetriya Sriwijaya disebabkan dalam pelaksanaan pembangunan tidak memenuhi persyaratan sesuai Peraturan Menteri Agama atau Mendagri tertuang nomor 9 tahun 2006 atau nomor 8 tahun 2006 bab 4 pasal 14 serta kami menguatirkan adanya pembangunan Pusdiklat Maetriya Sriwijaya ini akan mengancam kerukunan umat beragama disebabkan pembangunan Pusdiklat Maetriya Sriwijaya ini tidak adanya keterlibatan masyarakat setempat.

Mereka juga mendesak pihak pemerintah dan DPRD, FKUB, tokoh Agama, tokoh Masyarakat, tokoh Pemuda untuk mengkaji ulang azaz manfaat untuk kesejahteraan masyarakat setempat khususnya Kabupaten Banyuasin atas bangunan tersebut.

Selain itu juga mendesak Pemerintah dan DPRD Banyuasin, Kemenag segera membentuk Pansus untuk memanggil pihak-pihak yang terkait memberi izin, jika tidak secepatnya ditindaklanjuti kami akan menggelar aksi serupa dengan jumlah massa yang lebih banyak lagi, ancamnya.

(Denny)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.