Mayjen TNI Tiopan Aritonang SIP : Penguatan Sinergitas TNI Jaga Keutuhan NKRI

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara – Orientasi dalam mempertahankan Kesatuan, HAM, Stabilitas wilayah NKRI, menjadi landasan TNI untuk berperan dalam pembangunan Nasional.

Dengan kondisi geo, sosial dan kultural yang sangat hetrogen Indonesia rentan dengan ancaman instrabilitas dan disuntegritasi.

Panglima Kodam Militer XIIIMerdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang SIP menyampaikan hal ini dihadapan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Menkopolhukam Wiranto pada acara Rakornas Regional I Camat tahun 2018 yang dilaksanakan di Hotel Sutanraja Minut.

Dikatakan Pangdam kelahiran medan, (16/11/1963) suku batak ini merupakan Pangdam XIIImerdeka ketiga setelah sebelumnya dijabat Mayjen TNI Ganip Warsito, Mayjen TNI Madsuni dengan detail menyampaikan pertumbuhan ekonomi menjadi indikator utama pembangunan nasional, yang tentunya sangat memerlukan kondisi stabilitas suatu wilayah dan disinilah peran TNI sebagai Integrasi nasional berdasarkannUU nomer 34 tahun 2014, tugas pokok adalah menegakan kedaulatan negara mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasar Pancasila, UUD45, dalam melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan.

“Sesuai pasal 7 ayat 2 bahwa Tugas OMSP pada point 8 memberdayakam wilayah han dan kekeuatan pendukungnya secara dini sesuai sistem ham semesta, point 9 membantu pemda.” ujar Aritonang

Lebih lanjut disampaikan Definisi Sinergitas giat hubungan kerja sama disini diartikan unsur atau bagian fungsi istansi lembaga yang menghasilkan suatu tujuan lebih baik, lebih besar daripada yang dikerjakan sendiri.

“Sinergitas Forkopimda dirumuskan dalam tujuan dan sasaran yang akan dicapai guna mengetahui wujud terpeliharanya keeratan hubungan komponen pejabat yang ada didaerah dalam usaha membangun kesadaran untukbkepentingam bangsa dan negara.” Tutur Pangdam

Sesuai UU nomer 3 tahun 2002, Han adalah sistem semesta yang melibatkan seluruh warga wilayah, sumberdaya nasional dan lainnya secara dini oleh pemerintah secara total terpadu terarah dan berlanjut demi tegaknya kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap.bangsa.

“Sistem Hanreg, dalam menghadapi suatu ancaman militer menempatkan TNI sebagai komponen utama.” urainya

Berikut Bentuk Sinergitas TNI dan Pemerintah : 1. Penaggulangan Bencana, 2. TMMD 3×setahun, 3. Pembangunan kantor tiga pilar, 4. Program KB kesehatan, 5. Penghijauan, 6. Bhaktibsosial, 7. Karya bakti, 8. Menyiapkan masyarakat masuk TNi, Sosialisasi Narkoba, Kerawanan konflik, Kerajinan daerah, Komsos kretif dan olah raga bersama.

Harapan Mayjen TNI Tiopan Aritonang SIP berdasar konsepsi rtrw yang telah disusun dalam klasifikasi medan, dan operasi pertahanan maka peran TNI mengsinergikan bersam Forkopimda dalam pemberdayaan wilayah diantaranya ; Membantu menyiapkan potensi nasional yang dipersiapkan secara dini meliputi wilayah HAN beserta kekuatan pendukung, yang pelaksanaannya berdasar pada kepentingan Haneg sistem semesta, membantu korban bencana, latihan bela negara, dan membangun kuat Pangan Nasional.

(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.