Kejuaraan Pencak Silat Piala Pangdam XIII/Mdk Resmi Dibuka

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara – Bertempat diGrhadika Jaya Sakti Makodam XIII/Mdk, senin (29/10/2018) pukul.09.00wita, Dilaksanakan kegiatan Pembukaan Kejuaraan Pencak Silat Piala Pangdam XIII/ Merdeka Tahun 2018 dihadiri seluruh tamu undangan dan para atlet Pencak Silat, beserta segenap official/pelatih peserta kejuaraan di Markas Kodam XIII/Merdeka.

Pencak Silat merupakan warisan budaya bangsa yang mengandung berbagai unsur pembelajaran baik untuk membentuk generasi muda yang sehat jasmani dan rohani, serta melatih kepercayaan diri dan kecerdasan secara menyeluruh. Oleh karena itu, salah satu tujuan digelarnya Kejuaraan Pencak Silat ini adalah sebagai ajang membangun prestasi bagi para Atlet Pencak Silat, sekaligus mendorong minat generasi muda untuk berolahraga dan menggairahkan semangat berkompetisi guna meningkatkan daya saing atlet pencak silat Indonesia dengan memperbanyak jam terbang bertanding.

Hal ini Dikatakan Pangdam XIII/merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang diwakili oleh Kasdam

“Para atlet pencak silat sekalian diharapkan dapat semakin terbiasa menghadapi berbagai kejuaraan agar dapat berprestasi di setiap kejuaraan yang diikuti, Semoga Kejuaraan Pencak Silat ini dapat menjaring bibit-bibit atlet Pencak Silat dari setiap daerah menuju PON XX 2020 di Papua, karena bagaimanapun juga, selain latihan yang efektif dan efisien sehari-hari, pengalaman bertanding di berbagai kejuaraan juga sangat mempengaruhi keberhasilan para atlet untuk berprestasi.” ujar Kasdam

Berharap dilaksakannya Kejuaraan ini, akan mampu melahirkan atlet-atlet pencak silat Indonesia yang berprestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional, sebagaimana pesilat Abdul Malik yang tahun lalu juga menjadi juara di sini dan berhasil menyumbang Emas bagi Indonesia dalam perhelatan Asian Games pada bulan Agustus yang lalu. melalui Kejuaraan Pencak Silat ini kita bangun prestasi dan kita jalin silaturahim, guna mewujudkan manusia yang berbudaya dan menjaga persatuan dan kesatuan sebagai sesama anak bangsa Indonesia.

“Kepada para peserta kejuaraan, junjung tinggi sportifitas, jaga “fair play” dalam setiap fase pertandingan, dan ikuti seluruh prosedur dan mekanisme pertandingan agar semua dapat berjalan dengan tertib, lancar dan aman.
Petarung yang menang harus menghormati petarung yang dikalahkan; dan sebaliknya, petarung yang kalah juga harus mengakui dengan ikhlas keunggulan petarung lawannya.” tukas Kasdam

Kepada penyelenggara, perhatikan faktor keamanan dan keselamatan peserta kejuaraan dengan terus memantau pelaksanaan kejuaraan secara cermat. Siapkan beberapa alternatif untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan terburuk demi kelancaran pelaksanaan kejuaraan ini.

“Semoga kehadiran saudara-saudara sekalian akan dapat membangkitkan semangat para atlet pencak silat Indonesia untuk bertanding sebaik mungkin demi meraih prestasi yang terbaik.” ujar Kasdam mengutip amanat Pangdam XIII/mdk.

Turut hadir Gubernur Sulawesi Utara Bapak Olly Dondokambey, S.E. Kapolda Sulawesi Utara, Kasdam XIII/Merdeka, Danlantamal VIII/Manado, Danrem
131/Santiago, Danlanudsri Manado, Walikota Manado, Irdam, Danrindam, para Asisten dan Kabalak Dam XIII/Merdeka serta LO AL dan LO AU, Kadispora, Ketua KONI dan Ketua IPSI Provinsi Sulawesi Utara dan
Kota Manado, Para Pimpinan Sponsorship (PT Telkom, BRI, BNI, Bank SulutGo, Hotel Sutan Raja dan Mantos), Panitia penyelenggara, pendukung dan peserta Kejuaraan Pencak Silat Piala pangdam XIII/Merdeka.

(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.